BPBD Jatim Minta Daerah Bentuk Sekber Relawan

SEBARIN.INFO - Surabaya, – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Timur meminta pemerintah daerah kabupaten dan kota untuk membentuk Sekretariat Bersama (Sekber) relawan penanggulangan bencana sebagai upaya mengoptimalkan koordinasi penanganan ketika bencana melanda.

Plt Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur, Budi Santoso,mengatakan peran relawan sangat vital saat terjadi bencana di suatu daerah. Kehadiran relawan penanggulangan bencana selama ini terbukti dirasakan oleh masyarakat yang terdampak bencana.

“Terlebih Jatim sudah dikenal sebagai rujukan pengelolaan potensi relawan tingkat nasional. Untuk itu, BPBD di Kabupaten/Kota bisa membentuk sekretariat bersama relawan penanggulangan bencana,” katanya di Surabaya, Selasa, (27/2).

Baca Juga : 
Mahmud Marzuki Bakal Menjadi Pahlawan Nasional 
Bangka Belitung Tuan Rumah Rakornas PPPA 2018

Sekretariat bersama, tambahnya, diperlukan agar mudah melakukan pendataan, koordinasi untuk peningkatan kapasitas dan memudahkan memobilisasi ketika terjadi bencana. Hal ini sesuai dengan harapan presiden bahwa negara harus hadir dan terlibat dalam menangani bencana.

“Ke depan terus kita tingkatkan kapasitas penanggulangan bencana bagi relawan, termasuk untuk mempersiapkannya mengikuti sertifikasi relawan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi Penanggulangan Bencana sebagai upaya standarisasi kapasitas relawan,” tandasnya. (MC Diskominfo Prov Jatim/non-luk/TR/InfoPublik.id)