1400 Nakes Untuk Asian Games dan Para Games


Kemenkes Siapkan 1400 Nakes Untuk Asian Games dan Para Games 2018

SEBARIN.INFO - Jakarta,  - Kementerian Kesehatan telah menyiapkan 1400 tenaga kesehatan untuk perhelatan Asian Games dan Asian Para Games 2018, yang akan berlangsung pada Agustus hingga September mendatang.

"Telah disiapkan 1400 tenaga kesehatan (nakes), yang terdiri dari dokter, perawat dan fisioterapi yang akan disebar di empat provinsi," kata Menteri Kesehatan Nila F Moeloek, dalam acara Refreshing Workshop Emergency in Sport Event Sumber Daya Manusia (SDM) Tim Kesehatan Asian Games dan Para Games 2018, di Jakarta, Senin (2/4).

Menurut Menkes Nila, para nakes tersebut akan disebar di DKI Jakarta, Sumatera Selatan, Jawa Barat, dan Banten. Kemenkes sebagai penanggung jawab bidang kesehatan telah mempersiapkan dengan memenuhi nakes yang akan ditempatkan di sekitar area pertandingan antara lain di 98 medical station, 21 medical center, 2 poliklinik, dan 21 rumah sakit rujukan.

Khusus untuk kebutuhan rujukan bagi atlet, kata Menkes, pihaknya telah menyiapkan 25 unit ambulance emergency super VVIP baru. "Kemenkes tidak menginginkan adanya kecacatan, cedera, dan kematian baik pada atlet maupun supporter," ujarnya.

Maka itu lanjutnya, diperlukan pelatihan khusus untuk menguatkan kompetensi petugas kesehatan melalui kegiatan di atas, agar kedua perhelatan olah raga ini dapat berjalan dengan baik.

Menteri Nila juga meminta kepada petugas kesehatan yang bertugas harus sudah ada di tempat sebelum pertandingan dimulai. “Untuk seluruh petugas kesehatan, saya meminta untuk bisa memberikan pelayanan secara profesional dan bisa menjaga nama baik petugas kesehatan kita. Dengan sikap profesional tentu di mata masyarakat akan dinilai baik di tingkat nasional maupun internasional,” kata Menkes Nila.(InfoPublik)