Aktif Terlibat Dalam GeMa CerMat


Menkes: Apoteker Diharapkan Aktif Terlibat Dalam GeMa CerMat

SEBARIN.INFO - Jakarta,  - Apoteker melalui Pendekatan Keluarga diharapkan aktif mendatangi masyarakat sehat. Hal itu dimaksudkan agar apoteker semakin diarahkan untuk melakukan upaya pencegahan, yakni gerakan pencegahan munculnya berbagai penyakit.

“Untuk itu saya menyambut baik keterlibatan apoteker dalam program Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat (GeMa CerMat). Sebagai Agent of Change,” kata Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek pada Pertemuan Optimalisasi Peran Apoteker Agent of Change (AOC) di Jakarta, Rabu (28/3).

Keberadaan apoteker yang lebih dekat dengan masyarakat, lanjut Nila, merupakan upaya promotif-preventif dalam hal penggunaan obat secara benar. Apoteker pun dapat menjadi mitra yang sinergis di Puskesmas dalam mengoptimalkan pelayanan kefarmasian bagi masyarakat.

Menteri Nila mengharapkan agar apoteker melakukan praktik kefarmasian yang profesional bertanggung jawab dengan melakukan pelayanan langsung pada pasien atau Pharmaceutical Care.

“Apoteker juga harus menjamin ketersediaan obat dan alat kesehatan yang bermutu di fasilitas kesehatan tempat praktik,” jelas Menkes Nila.(InfoPublik)