ASAFF Jadi Ajang Promosi Asian Games


Menpora Ucapkan Terima Kasih ASAFF Jadi Ajang Promosi Asian Games

SEBARIN.INFO - Jakarta,  - Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi menjadi pembicara pada Rakornas Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI), Rabu (28/3) di Gedung SMESCO Jakarta. Dalam kesempatan itu Menpora berterima kasih karena HKTI turut serta berpartisipasi mempromosikan Asian Games 2018.

Bentuk partisipasi tersebut diwujudkan dengan penyelenggaraan Asian Agriculture and Food Forum (ASAFF) pada 27 Juni - 1 Juli mendatang di Jakarta Convention Center (JCC). Kegiatan ASAFF yang bermaterikan tentang agrobisnis dan agrowisata akan diikuti oleh 20 negara dari 45 peserta Asian Games.

Dari berbagai acara yang akan disajikan, Menpora memberikan penekanan pada penganugerahan award kepada inovasi pemuda tani. Di era zaman now, tanpa inovasi sangat sulit membuat daya tarik pemuda untuk berkecimpung pada dunia pertanian yang bagi kebanyakan anak-anak sekarang perlahan-lahan dihindari.

Padahal menurut Imam, ada contoh yang patut diangkat, contohnya dari pemuda di Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat bernama Rizal Fahreza bersama dua temannya Chikameriana Adyanisa dan Dasep Badrusallam. Berawal dari sebidang tanah kini sudah mencapai sekitar 1,2 Hektare mengembangkan pertanian jeruk.

Menariknya, kini lahan tersebut menjadi konsep inovasi baru sebagai Agrowisata, di mana anak-anak dan masyarakat bisa belajar sambil berwisata pertanian yang menarik.

"Ada contoh pemuda Garut yang inovatif, berawal dari sebidang tanah kini sudah sampai pada 1,2 Ha mengembangkan pertanian jeruk, dan sekarang dijadikan tempat edukasi dan agrowisata yang menarik. Di area itu dikembangkan kolam ikan, dan makanan ikan dari kulit jeruk hasil taninya. Suatu daur bisnis yang penuh inovasi. Sekali lagi kata kuncinya, inovasi yang harus dikembangkan terus," cerita Menpora.

Diharapkan ajang ASAFF menjadi promosi Asian Games dan juga menjadi arena munculnya inovasi anak-anak muda khususnya di bidang agrobisnis dan agrowisata. Dengan banyaknya peserta mancanegara menunjukkan bahwa Indonesia layak dipercaya menjadi tuan rumah multi even tidak hanya di regional Asia tetapi dunia sekalipun.

"Terima kasih kepada HKTI yang turut serta mempromosikan Asian Games. Ini komitmen seluruh anak bangsa bahwa Asian Games memang kerja dan gawe bersama, dengan demikian seluruh masyarakat dunia akan tahu bahwa Indonesia memang layak dan mampu menjadi penyelenggara event besar Asia dan bahkan dunia," pungkas Menpora.(InfoPublik)