Berupaya Tingkatkan PNBP


Batan Berupaya Tingkatkan PNBP

SEBARIN.INFO - Jakarta,  - Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) akan berupaya meningkatkan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) hingga sekitar 30 persen pada 2019.

Kepala Batan Djarot Sulistio Wisnubroto mengatakan,  PNPB Batan 2017 baru sebesar Rp23 miliar. Saat ini jumlah pelanggan Batan adalah sekitar 5.000-an. Agar jumlah pelanggan semakin meningkat, maka Batan berupaya memperluas dan meningkatkan layanannya.

“Ada beberapa upaya yang dilakukan Batan untuk meningkatkan PNBP, salah satunya adalah meningkatkan jumlah pelanggan,” kata Djarot pada acara konferensi pers temu pelanggan Batan 2018 yang diprakarsai Pusat Teknologi Keselamatan dan Meteorologi Radiasi (PTKMR), di Kawasan Nuklir Pasar Jumat, Jakarta Selatan, Kamis (5/4).

Menurut Djarot, jika Batan dapat meningkatkan PNBP, maka hilirisasi pendayagunaan teknik nuklir berhasil digunakan masyarakat, sehingga ke depan jika ingin mengembangkan PLTN akan lebih mudah.

Disebutkan, untuk meningkatkan jumlah pelanggan tidak mudah, karena saat ini ada beberapa pihak swasta yang dapat memberikan layanan serupa Batan kepada masyarakat.

“Saat ini Batan kompetitor yang sebenarnya punya nilai positif bahwa nuklir dapat dilakukan oleh pihak lain selain Batan. Namun ini juga tantangan baru untuk Batan, kami harus lebih baik lagi dalam memberikan layanan,” ungkapnya.

Disebutkan, salah satu unit yang banyak menghasilkan PNBP adalah Pusat Teknologi Keselamatan dan Meteorologi Radiasi (PTKMR), yaitu sebesar Rp7 miliar.(InfoPublik)