BKSP Jabodetabekjur Bekerja Sama Aktif


Anies Berharap BKSP Jabodetabekjur Bekerja Sama Aktif

SEBARIN.INFO - Jakarta,  – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berharap  Badan Kerja Sama Pembangunan (BKSP) wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Cianjur (Jabodetabekjur) betul-betul sebuah kerja sama yang aktif untuk selesaikan masalah secara bersama-sama.

“BKSP ini harus mengintensifkan komunikasi. Kita menginginkan menjadikan BKSP Jabodetabekjur ini betul-betul sebuah kerja sama yang aktif, kerja sama dimana masalah-masalah yang kita hadapi di wilayah berdekatan ini, bisa kita selesaikan secara bersama-sama,” kata Anies usai membuka Raker BKSP Jabodetabekjur di Balaikota DKI Jakarta, Selasa (3/4).

Disebutkan, sebagian dari problem-problem yang dihadapi adalah problem lintas wilayah yang tidak bisa diselesaikan sendirian, harus diselesaikan secara bersama-sama. “Untuk itu, dalam raker disepakati, bahwa kerja sama antar kita ditingkatkan, dan juga kerja sama ini bukan hanya di level pertemuan ini, tapi SKPD-SKPD yang terkait diintruksikan untuk melaksanakan,” paparnya.

Menurutnya, dari pemerintah daerah yang tergabung dalam BKSP Jabodetabekjur ini dengan pemerintah pusat banyak agenda-agenda yang harus dikerjakan dan diselesaikan bersama-sama.

“Jadi BKSP Jabodetabekjur ini, kita harapkan menjadi forum yang aktif secara serius, agenda-agenda kita selesaikan sampai tuntas, dan kita bisa berbicara dengan pemerintah pusat juga, bukan sebagai masing-masing unit kabupaten/kota atau provinsi, tapi bersama-sama sebagai satu wilayah yang memiliki agenda dan kepentingan bersama,” paparnya.

Ia menambahkan, sesudah raker ini, nanti masing-masing akan mengirimkan tim untuk menyusun langkah-langkah operasionalnya. “Tadi digaris bawahi, beberapa masalah yang terulang dari tahun-ketahun, kita ingin masalah tersebut tidak muncul, misalnya bantuan dari Pemprov DKI Jakarta yang pencairannya di tengah atau diujung tahun anggaran, sehingga diterima tapi tidak bisa dilaksanakan, akhirnya menjadi sisa (silpa), itu contoh,” ujarnya.

KSP Jabodetabekjur telah melakukan  kajian dan pencarian solusi pembangunan yang menjadi prioritas utama, karena menyangkut kepentingan bersama. Berdasarkan permasalahan mendasar dari sembilan Kabupaten/Kota anggota BKSP Jabodetabekjur, telah membahas beberapa permasalahan mendasar yang dihadapi bersama, yaitu banjir, kemacetan, pemyediaan air bersih, persampahan, dan ketahanan pangan.(InfoPublik)