Data yang Penting Bagi Publik


Pengelola Media Center Diharapkan Mampu Mengolah Data yang Penting Bagi Publik

SEBARIN.INFO - Jakarta,  - Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sumatera Utara menyambut positif dan mengapresiasi digelarnya bimbingan teknis (Bimtek) di Medan, yang akan berlangsung hingga 6 April 2018, sebagai langkah meningkatkan kemampuan sumber daya manusia (SDM) pengelola media center daerah dalam menyampaikan informasi yang penting bagi masyarakat.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kominfo Sumatera Utara H.MHD Fitriyus yang dibacakan Sekretaris Dinas Kominfo Sumut M. Ayub di sela acara Bimtek Pembuatan Konten Untuk Peningkatan Kompetensi Jurnalis Media Center Daerah, di Medan, Rabu (4/4).

"Sumber daya manusia pengelola media center diharapkan memiliki kemampuan dan keterampilan dalam mengolah data dan informasi yang disajikan dalam bentuk berita dan foto dengan menerapkan prinsip jurnalisme online," ujarnya.

Informasi dalam bentuk berita tersebut lanjutnya, tidak hanya disajikan yang penting saja melainkan juga memiliki unsur menarik dan memancing rasa ingin tahu publik, diseminasi informasi melalui kanal media online, dan media sosial juga penting agar memenuhi keingintahuan dan meningkatkan wawasan publik.

"Untuk itu bimtek ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman pengelola media center tentang jurnalistik serta fotografi untuk mendukung pendokumentasian kegiatan agar lebih akurat sebagai bahan informasi publik," ungkapnya.

Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kominfo menyebut selama 2017 terdapat 162 media center daerah yang aktif. Dalam Bimtek kali ini diundang 63 media center daerah wilayah Jawa dan Kalimantan, serta wilayah Sumatera yang berkontribusi aktif terhadap berita dan foto yang dikirimkan ke InfoPublik.id (IKP).

Kegiatan ini diharapkan dapat bermanfaat dalam meningkatkan kualitas pelayanan media center, dan meningkatkan kontribusi konten (berita, feature dan foto) media center daerah.(InfoPublik)