Deteksi Dini Kelainan Pada Kehamilan


RSAB Harapan Kita Punya BIDIC Untuk Deteksi Dini Kelainan Pada Kehamilan

SEBARIN.INFO - Jakarta,  - Plh Direktur Utama RSAB Harapan Kita Dr. dr. Didi Danukusumo, SpOG (K) mengatakan RSABHK memiliki Birth Defects Integrated Center (BIDIC) atau Pusat Deteksi Dini dan Tata Laksana Kelainan Bawaan Lahir (PDTKBL) yang menangani dari promotif dan preventif bahkan penanganan kehamilan bila ada kelainan.

“Adanya kromosom tambahan memberikan konsekuensi dalam perkembangannya dan menyangkut seluruh organ dari kepala hingga ke kaki. Terutama tentang susunan saraf pusat, kelainan jantung, kelainan saluran cerna, dan lainnya,” kata dr. Didi, Selasa (27/3).

Di tempat sama Ketua BIDIC Dr. dr. Johanes Edy A, Sp.A (K) mengungkapkan, kelainan bawaan menjadi major issue karena akibat yang ditimbulkan berpengaruh terhadap kelangsungan dan kualitas hidup anak. Juga besaran biaya yang dibutuhkan untuk mengatasinya.

Misalnya pada anak dengan kondisi down syndrome umumnya memiliki ciri fisik tertentu seperti floppiness (kekakuan otot), kondisi mata miring, mulut kecil dengan lidah lebih menonjol. Juga cenderung mengalami tingkat kesulitan belajar.

“Dengan adanya BIDIC, RSABHK berperan serta sebagai pusat rujukan nasional untuk kasus kasus kehamilan dan neonatal risiko tinggi, termasuk di dalamnya kasus-kasus kelainan bawaan lahir. Fasilitas lainnya spesialis perawatan kesehatan dan terapis perkembangan," kata dr. Johanes.

Selain itu, Klinik Tumbuh Kembang melayani pemantauan deteksi secara dini terhadap gangguan tumbuh kembang bayi, yang diduga akan mengalami gangguan pertumbuhan.

RSABHK ikut berpartisipasi memperingati World Down Syndrome Day pada 21 Maret. Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk pemeriksaan gigi gratis bagi anak down syndrome pada 26 Maret - 6 April 2018, talkshow mengenai “Gigi Sehat Anak Down Syndrome” oleh drg. Kiki Seyla Puar, SpKGA, dan Lomba menghias cup cake khusus anak down syndrome pada 27 Maret 2018.(InfoPublik)