Hambat Investasi dan Ekspor


Mentan Cabut 191 Regulasi yang Hambat Investasi dan Ekspor

SEBARIN.INFO - Jakarta,  – Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengatakan saat ini telah dilakukan deregulasi terhadap peraturan Menteri (Permen) dan Dirjen yang menghambat investasi dan ekspor pada sektor pertanian. Total ada 191 regulasi yang telah dicabut.

"Kami deregulasi itu 141, tambah lagi mungkin akhir ini 50 peraturan berarti ada 191 aturan yang menghambat investasi dan ekspor dicabut. Bisa dilihat dari hasilnya di 2013 ekspor dan investasi kalau tidak salah Rp23 triliun, sekarang 2014 sampai hari ini naik dua kali lipat bisa Rp46 triliun per tahun," tuturnya, di sela pelantikan pejabat esselon satu di Kantor Kementan, Jakarta, Senin (26/3).

Menurut Amran, langkahnya ini sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), bahwa untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi maka ekspor dan investasi harus ditingkatkan.

"Kami juga minta kepada calon investor sampaikan apa yang menghambat. Seperti peternak ayam ras, berterima kasih dengan regulasi apa keinginan mereka kami buat, dan sekarang mereka ekspor naik 1000 persen, tinggi sekali," ujarnya.

Amran berharap nilai ekspor dan investasi ke depan semakin meningkat. Sebab, baru tahun ini juga daging ayam olahan sudah ekspor ke Jepang, kemudian jumlah ekspor Jagung dari NTB, Sulawesi Selatan dan Gorontalo terus meningkat.

Kementerian Pertanian (Kementan) telah mencatat realisasi nilai ekspor dan investasi di 2017 mencapai Rp46 triliun. Pada 2018, ditargetkan ekspor dan investasi mencapai Rp50 triliun.

"Sekarang kan nilainya Rp46-50 triliun per tahun. Naik terus, di tahun ke empat Rp200 triliun, semua dari pertanian," tuturnya.(InfoPublik)