Kawasan Berorientasi Transit Dukuh Atas


Anies Luncurkan Pencanangan Kawasan Berorientasi Transit Dukuh Atas

SEBARIN.INFO - Jakarta,  – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meluncurkan pencanangan kawasan berorientasi transit atau biasa disebut Transit Oriented Development (TOD) di Dukuh Atas dan peluncuran partisipasi publik.

“Jadi kawasan di Dukuh Atas ini akan dikembangkan menjadi tempat simpul transportasi, dan juga simpul untuk kegiatan perekonomian,” kata Anies usai acara pencanangan kawasan berorientasi transit Dukuh Atas dan peluncuran partisipasi publik di Jakarta Selatan, Kamis (29/3).

Disebutkan, di kawasan ini nanti ada MRT, Transjakarta, Commuter Line, kendaraan umum, dan kendaraan lainnya. Di kawasan ini juga akan dibangun rancangannya, secara garis besar untuk ide awal sudah ada, tetapi belum berupa rancangan, karena nanti pembahasannya akan melibatkan partisipasi publik.

"Jadi hari ini, peluncurannya ada dua yaitu menyampaikan bahwa ini akan dikembangkan, dan yang kedua kita akan mengundang partisipasi publik. Dari rancangan yang ada mari kita bahas sama-sama, kita mengundang warga Jakarta, para stakeholder, untuk memberikan masukan, gagasan, dan proses penggodokan TOD ini akan dilakukan oleh MRT, karena MRT yang diberikan mandat untuk nanti memfasilitasi partisipasi publik,” paparnya.

Menurutnya, fase pertama di tempat tersebut nanti akan dibangun kantor yang digunakan oleh MRT, tapi juga akan dipakai kegiatan perekonomian yang lainnya. “Nanti pasar juga akan ada di kawasan ini, sekaligus kantornya MRT. Fase awal akan dilakukan sayembara untuk rancang bangunannya, tapi kawasan TOD-nya kami akan buka proses yang lebih panjang,” ujarnya.

Ia menambahkan, pencanangan kawasan berorientasi transit Dukuh Atas dan peluncuran partisipasi publik sudah fix dicanangkan. “Di sini menjadi fokus kita, jika ini bisa berjalan dengan baik, mulai fase rancangannya, maka Insya Allah ini akan menjadi benchmark perancangan pembangunan TOD-TOD yang lainnya,” ungkapnya.(InfoPublik)