Kenang Jasa Pahlawan Nasional


Menpora Ajak Pemuda Selalu Kenang Jasa Pahlawan Nasional

SEBARIN.INFO - Jakarta,  - Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi ziarah ke makam pencipta Lagu Kebangsaan Indonesia Raya Wage Rudolf Soepratman di Kenjeran, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (31/3) pagi.

"Pagi ini saya berada di komplek pemakaman WR Soepratman, seluruh anak muda Indonesia harus berkunjung ke tempat ini, berziarah dan kirim doa karena beliau pencipta lagu Indonesia Raya yang saat ini mempersatukan kita semua sebagai bangsa Indonesia. Anak-anak muda Indonesia harus segera berkunjung ke sini," kata Menpora usai ziarah dan panjatkan doa.

Wage Rudolf Soepratman, kelahiran Jatinegara 9 Maret 1903, merupakan pahlawan nasional yang berawal dari tokoh muda inspiratif dan monumental, yang lagu gubahannya menjadi identitas nasional sehingga seluruh masyarakat dunia mengenal Indonesia.

Sebagai anak muda yang memiliki mobilitas tinggi, pada tahun 1924 berada di Bandung pada usia 21 tahun. Disitulah lahir gubahan fenomenal lagu Indonesia Raya. Pada Oktober 1928 di Jakarta dilangsungkan Kongres Pemuda II. Kongres itu melahirkan Sumpah Pemuda.

Pada malam penutupan kongres, 28 Oktober 1928, Soepratman secara monumental memperdengarkan lagu ciptaannya secara instrumental di depan peserta umum. Pada saat itulah untuk pertama kalinya lagu Indonesia Raya dikumandangkan di depan umum. Semua yang hadir terpukau mendengarnya.

Sesudah Indonesia merdeka hingga kini dan selamanya, lagu Indonesia Raya dijadikan lagu kebangsaan, lambang persatuan bangsa, sebuah identitas nasional yang sangat membanggakan. Tetapi, pencipta lagu itu, Wage Roedolf Soepratman, tidak sempat menikmati hidup dalam suasana kemerdekaan dan tidak mengetahui bahwa lagunya dijadikan lagu kebangsaan karena beliau meninggal sebelum kemerdekaan, 17 Agustus 1938.

"Sungguh arti pahlawan yang merelakan karyanya meskipun tanpa menikmatinya," ungkap Menpora.(InfoPublik)