Kerja Sama JakTour dan SMK


Wagub DKI Apresiasi Kerja Sama JakTour dan SMK se-Jakarta

SEBARIN.INFO - Jakarta,  – Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menghadiri kegiatan penandatanganan perjanjian kerja sama antara SMK Bidang Pariwisata di wilayah DKI Jakarta dengan PT Jakarta Tourisindo (JakTour) yang berlangsung di Gedung Auditorium SMKN 57 Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Selasa (27/3).

Kerja sama ini merupakan bentuk komitmen Pemprov DKI Jakarta dalam mewujudkan pendidikan dan menyiapkan lapangan kerja berkualitas di ibukota.

“Jakarta butuh banyak tenaga terampil, 30 persen dari lulusan siswa-siswi SMK menganggur. Melalui kerja sama dengan JakTour, mereka bisa langsung disalurkan mendapatkan pekerjaan. Mereka sukses dan profesional,” kata Sandiaga dalam sambutannya pada acara tersebut.

Disebutkan, melalui kerja sama ini, siswa-siswi SMK Bidang Pariwisata di Jakarta dapat mengenal dunia kerja profesional dengan melakukan kegiatan magang di JakTour, khususnya sektor hotel dan pariwisata.

Ia berharap lulusan siswa-siswi SMK se-Jakarta dapat mengikuti gerakan dan program OK OCE yang telah tersebar di seluruh kecamatan wilayah Jakarta. “Lulusan SMK bisa mengikuti OK OCE. Tiga tahun sekolah setelah itu ikut OK OCE satu tahun, sehingga nanti bukan hanya bisa diserap dunia kerja, tapi juga berwirausaha secara mandiri,” ucapnya.

Selain penandatanganan perjanjian kerja sama, kegiatan ini juga disertai dengan penyerahan lisensi lembaga sertifikasi profesi-pihak pertama (LSP-PI) SMK, dari Badan Sertifikasi Profesi (BNSP) kepada SMK DKI Jakarta yang diwakili oleh Wagub DKI Sandiaga Uno dan Ketua BNSP Sumarna F. Abdurahman.

Wagub DKI Sandiaga Uno kemudian menyerahkan LSP-PI tersebut kepada 34 Kepala Sekolah SMK yang terdiri dari 30 SMK Negeri dan 4 SMK Swasta se-DKI Jakarta. Dengan mendapatkan sertifikasi, lulusan siswa-siswi SMK diharapkan dapat diakui kemampuan daya saing dan kredibilitas profesionalitasnya di dunia kerja.

Untuk diketahui, pertumbuhan ekonomi Jakarta dari tahun ke tahun tetap menunjukkan kinerja yang meningkat. Perkembangan ekonomi DKI Jakarta pada 2018 diproyeksikan tumbuh mencapai 6,12 – 6,52 persen, atau di atas proyeksi pertumbuhan ekonomi 2017 sebesar 6,03 – 6,43 persen.

Oleh karena itu lanjutnya, Jakarta membutuhkan banyak tenaga kerja terampil dan kompeten, untuk mengisi peluang kerja di perusahaan termasuk di bidang pariwisata.(InfoPublik)

0 Response to "Kerja Sama JakTour dan SMK"

Post a Comment