Kesiapan Nakes Asian Games


Kemenkes Gelar Workshop Untuk Kesiapan Nakes Asian Games 2018

SEBARIN.INFO - Jakarta,  - Untuk mempersiapkan tenaga kesehatan yang profesional pada perhelatan Asian Games dan Asian Para Games 2018, Kementerian Kesehatan menggelar Refreshing Workshop Emergency In Sport Event.

Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Bambang Wibowo mengatakan tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan dan mempertahankan kompetensi dokter dan perawat yang pada 2017 lalu sudah mengikuti workshop.

“Dari 710 tenaga kesehatan, ada sekitar 400 peserta selama tiga hari. Kegiatan ini nantinya akan ada diskusi, paparan, studi kasus, kemudian simulasi lapangan. Termasuk bagaimana rencana emergency apabila terjadi sesuatu yang tidak diharapkan di lapangan,” kata Bambang, di Jakarta, Senin (2/4).

Selain itu juga sudah ditetapkan sebanyak 21 rumah sakit rujukan dan kemungkinan akan bertambah lagi. Maka dari itu, Bambang meminta agar rumah sakit rujukan untuk bisa bekerja sama sebagai satu tim dan melakukan simulasi tentang bagaimana proses rujukan.

Kemenkes bersama Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee (Inasgoc) menyiapkan 1400 tenaga kesehatan yang terdiri dari 407 dokter, 813 perawat, dan 180 fisioterapis yang akan didistribusikan di DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, dan Sumatera Selatan. Tenaga kesehatan ini direkrut dari RS, Dinas Kesehatan dan TNI.

Untuk peningkatan kualitas SDM dalam menyusun modul pelatihan emergency in sport event, Kemenkes bekerja sama dengan berbagai organisasi profesi yaitu Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), Perhimpunan Dokter Ahli Emergensi Indonesia (Perdamsi), dan Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga (PDSKO).(InfoPublik)