Mengolah Informasi Secara Akurat


SDM Media Center Diharapkan Mampu Mengolah Informasi Secara Akurat

SEBARIN.INFO - Balikpapan,  - Setiap media center (MC) di daerah diharapkan dapat menyiapkan infrastruktur, perangkat pendukung, teknologi informatika dan sumber daya manusia (SDM) yang mampu memberikan pelayanan dan menyebarluaskan informasi kepada masyarakat secara cepat, tepat, akurat dan relevan.

Hal itu disampaikan Plt Direktur Pengelolaan Media Publik, Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) Sumiati, saat membuka Bimbingan Teknis pengelola media center daerah wilayah lndonesia Tengah yang digelar di Balikpapan, Kalimantan Timur, Rabu (21/3).

Sumiati mengatakan kesiapan TIK yang telah mendorong perluasan akses informasi dan komunikasi, sehingga komunikasi antar wilayah di Indonesia tidak ada batasnya, baik dalam waktu maupun antarnegara.

"Bimtek ini bertujuan meningkatkan kompetensi daerah dan pemahaman media center akan pentingnya pemanfaatan media sosial,” tegas Sumiati.

Kegiatan Bimtek ini juga telah berperan penting, di mana Kemenkominfo telah memberikan 251 MC yang tersebar di seluruh Indonesia.

Sumiati ingin agar sumber daya manusia pengelola MC memiliki kemampuan dan keterampilan dalam mengolah data dan informasi, yang disajikan dalam bentuk berita dan foto, dengan menerapkan prinsip jurnalisme online.

"Informasi dalam bentuk berita tersebut tidak hanya disajikan yang penting saja, melainkan juga memiliki unsur menarik dan memancing rasa ingin tahu publik. Salah satu yang sangat saya syukuri dan hargai adalah karena program ini dapat dikembangkan di daerah," ungkapnya.

Melalui MC lanjut Sumiati, diharapkan masyarakat dapat mengakses informasi yang dibutuhkan terutama yang berkaitan dengan strategi nasional.

Sementara itu Asisten Pemerintahan Balikpapan Syaiful Bahri mengatakan, pemerintah Balikpapan menyambut baik Bimtek untuk meningkatkan kompetensi jurnalis di MC daerah.

Menurut Syaiful, Bimtek MC daerah sebagai upaya meningkatkan kapasitas dan kompetensi para jurnalis yang bertugas di MC di lingkungan pemerintah.

Syaiful berharap dengan kegiatan Bimtek ini dapat meningkatkan kinerja, efisiensi waktu, menghemat biaya pengelolaan informasi bagi organisasi masyarakat di daerah.

"Media center saat ini menjadi sarana menampung aspirasi masyarakat, dan mengembangkan wawasan informasi yang bermanfaat untuk dikembangkan," pungkas Syaiful.

Bimtek dengan tema Bimbingan Teknis Pemberitaan Konten Untuk Peningkatan Kompetensi Jurnalis Media Center Daerah ini diikuti 45 peserta dari 23 daerah di Indonesia, yang merupakan tim peliput dan penulis berita media center binaan Ditjen IKP Kemenkominfo RI. (InfoPublik)