Puskesmas Bintaro Berikan Imunisasi


Cegah Difteri, Puskesmas Bintaro Berikan Imunisasi Difteri Tahap Kedua

SEBARIN.INFO - Jakarta,  - Untuk mencegah penularan penyakit difteri, Puskemas Kelurahan Bintaro melakukan imunisasi difteri tahap kedua secara serentak di seluruh RW wilayah Kelurahan Bintaro, Jakarta Selatan.

“Sekarang ini ada wabah difteri, maka dilakukan imuniasi difteri, mulai PAUD, SD atau anak-anak umur 1-5, anak-anak umur 5-7, ataupun dewasa,” kata dr. Raisha Basir, dari Puskesmas Kelurahan Bintaro saat melakukan kegiatan imunisasi difteri tahap kedua di Posyandu Ketimun RT.06/RW.13, Kelurahan Bintaro, Jakarta Selatan, Rabu (28/3).

Disebutkan, imunisasi difteri ini, untuk kekebalan tubuh, agar anak-anak tetap sehat dan terlindungi, karena sekarang ada wabah penyakit tersebut.

Vaksin yang diberikan dalam imunisasi tersebut berbeda-beda dari setiap umur anak. Anak-anak umur 5-7 tahun diberikan DT. Biasanya tidak menimbulkan panas karena tidak ada efek sampingnya.

"Setelah disuntik efek sampingnya mungkin demam, dan tangannya terasa pegal. Namun akan berbeda-beda bagi setiap anak, ada yang biasa saja, ada yang demam, dan ada juga yang panas. Kalau panas, bisa diberikan paracetamol," sarannya.

Sebelumnya, Dina Rahmatika, yang juga dokter dari Puskesmas Kelurahan Bintaro menyampaikan, ibu-ibu dan anak-anak antusias untuk melakukan imunisasi difteri ini. Sebab, sekarang bisa dilihat difteri sudah menjadi wabah di seluruh Indonesia.

“Jadi, kita dari Puskesmas harus mengupayakan kegiatan-kegiatan yang berbasis masyarakat, salah satunya dengan memberikan vaksin difteri, untuk membentuk kekebalan (imunitas), sehingga di satu wilayah itu semuanya terlindungi dari difteri,” paparnya.

Jumlah anak-anak yang telah divaksin difteri di Posyandu Ketimun, pada saat dilakukan imunisasi difteri tahap kedua, Rabu (28/3) hingga pukul 10.30 WIB tercatat sudah mencapai 76 anak, dan kegiatan ini masih berlangsung. Sedangkan yang ditimbang sudah 89 anak.(InfoPublik)