Raker BKSP Jabodetabekjur


Raker BKSP Jabodetabekjur 2018 di Gelar di Balaikota DKI Jakarta

SEBARIN.INFO - Jakarta,  – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, selaku Ketua Badan Kerja Sama Pembangunan (BKSP) wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Cianjur (Jabodetabekjur) 2018, secara resmi membuka Raker BKSP Jabodetabekjur yang digelar di Balaikota DKI Jakarta, Selasa (3/4).

“BKSP Jabodetabekjur telah melakukan kajian dan pencarian solusi program pembangunan yang menjadi prioritas utama karena menyangkut kepentingan bersama. Berdasarkan permasalahan mendasar dari sembilan Kabupaten/Kota anggota BKSP Jabodetabekjur, telah membahas beberapa permasalahan mendasar yang dihadapi bersama, yaitu banjir, kemacetan, penyediaan air bersih, persampahan, dan katahanan pangan,” kata Anies dalam pembukaan Raker BKSP 2018 tersebut.

Menurutnya, sejumlah solusi atas permasalahan atau kebutuhan mendasar yang dihadapi tiap wilayah akan dibahas lebih dalam pada rapat kerja ini, di antaranya normalisasi daerah aliran sungai untuk menangani banjir, peningkatan jalan lintas batas untuk menangani kemacetan, pembangunan Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) untuk menangani sampah, pembangunan waduk untuk penyediaan air bersih, tiket terusan yang terpadu untuk pembenahan transportasi, dan pembangunan sistem distribusi pangan untuk ketahanan pangan.

Anies menambahkan bahwa rapat kerja ini sekaligus untuk menyusun penguatan dan peran kelembagaan BKSP Jabodetabekjur. Sekretariat BKSP Jabodetabekjur sebagai motor penggerak memegang peranan penting dalam mewujudkan komunikasi efektif antar Pemerintah Daerah.

Selain itu, jabatan Sekretaris BKSP Jabodetabekjur adalah jabatan yang sangat strategis di dalam lembaga. Untuk itu, diperlukan suatu sinergi, sehingga tujuan pokok, dan fungsi BKSP Jabodetabekjur dapat terwujud.

Perlu diketahui, Yurisdiksi BKSP Jabodetabekjur meliputi wilayah tiga provinsi, yaitu Provinsi DKI Jakarta, Provinsi Jawa Barat dan Provinsi Banten, dan sembilan Kabupaten/Kota, yaitu Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, dan Kabupaten Tangerang di Provinsi Banten. Kota dan Kabupaten Bekasi, Kota dan Kabupaten Bogor, Kota Depok dan Kabupate Cianjur.(InfoPublik)