Sebar 100 Lulusan STIS


BPS akan Sebar 100 Lulusan STIS Tahun Ini

SEBARIN.INFO - Jakarta,  - Badan Pusat Statistik (BPS) membuat kesepakatan dengan Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi untuk membuat perstatistikan di Indonesia semakin kuat.

Kepala BPS Suhariyanto mengatakan, mulai tahun ini Politeknik Statistika, Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) akan menyebarkan 100 orang lulusan STIS yang andal dan berkualitas untuk ditempatkan di kementerian/lembaga dan pemerintahan daerah.

“Sebagai gantinya, nanti BPS akan mendapatkan dari teman-teman dari Sekolah Tinggi Akuntansi Nasional (STAN), karena tidak hanya statistik, BPS juga membutuhkan administrasi,” jelas Suhariyanto, di Jakarta, Rabu (28/3).

Ia melanjutkan, kurikulum di STIS terbilang cukup unik karena di sini diajarkan bagaimana cara menghitung pertumbuhan ekonomi, menghitung kemiskinan, dan sebagainya. Setiap komponen dihitung satu per satu.

Selain itu, porsi mata kuliah yang berkaitan dengan metode atau sampling serta official statistics lebih besar. "Hal ini selaras dengan dengan tugas dan fungsi BPS, mengumpulkan data dan memproduksi indikator statistik bagi perencanaan kebijakan maupun evaluasi program program pemerintah," pungkasnya.(InfoPublik)