Segala Hal tentang Indodax/Bitcoin/Aset Digital dan Lainya




Apa itu Indodax?

Indodax adalah sebuah pasar online untuk membeli dan menjual Bitcoin di Indonesia menggunakan mata uang Rupiah. Anda juga dapat menukarkan Bitcoin Anda ke berbagai digital asset lain seperti Ethereum, Litecoin, Dogecoin, DASH, Ripple, Stellar, XEM, NXT dan Bitshares secara gratis tanpa potongan biaya sedikit pun.

Apa itu Bitcoin?

Dalam bahasa non-teknis, Bitcoin adalah sebuah digital asset dimana transaksi dapat berjalan tanpa membutuhkan bantuan kartu kredit ataupun bank sentral. Bitcoin didesain sedemikian rupa untuk memudahkan penggunanya dalam melakukan transaksi perdagangan secara lebih cepat, simple dan efisien menggunakan jaringan internet yang ada.

Siapa yang menjalankan Bitcoin? Perusahaan apa yang berada dibelakang Bitcoin?

Secara singkat, tidak ada orang yang menjalankan Bitcoin. Bitcoin dijalankan secara kolektif oleh para pengguna yang menggunakan jaringan Bitcoin, dan semua perubahan yang terjadi di dalam sistem Bitcoin harus didukung oleh suara mayoritas para pengguna sebelum perubahan itu dilakukan.

Apakah jumlah Bitcoin itu terbatas?

Jumlah Bitcoin yang diciptakan oleh sistem memang terbatas, yaitu hanya mencapai jumlah 21 juta Bitcoin.

Siapa itu para ‘penambang’?

Penambang adalah seseorang yang menjalankan sistem komputer yang bekerja secara otomatis dan berulang-ulang dalam menghitung hash dengan tujuan untuk menciptakan blok dan mendapatkan Bitcoin dari biaya transaksi sekaligus hadiah Bitcoin baru yang dihasilkan oleh blok tersebut. Istilah ‘penambang’ muncul dari analogi para penambang emas yang menggali emas dari tanah dan ‘menemukan’ emas yang bisa digunakan untuk mencetak koin, sama halnya dengan penemuan yang terjadi setelah penambang berhasil menyelesaikan hash di dunia Bitcoin, yaitu mendapatkan emas berupa Bitcoin.



Apa yang dimaksud dengan ‘blockchain’?

Blockchain adalah sebuah buku besar yang dapat diakses oleh publik. Blockchain menunjukkan semua data transaksi yang pernah terjadi di dalam jaringan Bitcoin. Anda dapat mengunjungi situs seperti blockchain.info yang akan memudahkan Anda untuk memantau apa yang terjadi di dalam blockchain Bitcoin tersebut.

Apa yang dimaksud dengan ‘unconfirmed’?

Istilah ‘unconfirmed’ atau ‘belum dikonfirmasi’ menunjukkan bahwa transaksi belum dimasukkan ke dalam blockchain dan masih ada kemungkinan adanya pembatalan dalam transaksi tersebut. Sebuah transaksi biasanya memakan waktu sekitar 10 menit untuk dikonfirmasi. Ketika itu terjadi, akan terlihat bahwa ada satu konfirmasi di dalam transaksi tersebut. Setiap blok bertambah satu, maka jumlah konfirmasi juga akan bertambah satu. Untuk mencegah adanya double spending atau adanya satu Bitcoin yang dikirimkan ke dua alamat berbeda, sebuah transaksi sebaiknya tidak dianggap telah berhasil jika belum mendapat konfirmasi.

Berapa biaya transaksi dalam pengiriman Bitcoin?

Transaksi Bitcoin biasanya terjadi secara gratis jika jumlah Bitcoin yang dikirim melebihi 0.01 BTC. Bitcoin dalam jumlah kecil diberikan kepada para penambang sebagai bentuk hadiah karena telah memproses transaksi dan memasukkannya ke dalam blockchain. Untuk saat ini, kebanyakan transaksi diproses secara gratis, namun untuk transaksi yang menarik coin dari banyak alamat Bitcoin sehingga membutuhkan porsi data yang lebih besar, maka akan dikenakan biaya transaksi yang sangat kecil.

Apa itu private key?

Private key adalah sebuah kode rahasia yang membuat penggunanya dapat membuktikan bahwa ialah pemilik Bitcoin yang ada di dompet tersebut. Setiap alamat Bitcoin memiliki private key-nya sendiri, yang disimpan di dalam file dompet yang dimiliki oleh orang yang memiliki saldo Bitcoin tersebut. Private key itu terhubung secara matematik kepada alamat Bitcoin yang bersangkutan, dan didesain sedemikian rupa sehingga alamat Bitcoin bisa dikalkulasikan dari private key tersebut, namun yang paling penting adalah, hal yang sebaliknya tidak berlaku. Private key tidak bisa dikalkulasikan dari alamat Bitcoin. Harap simpan baik-baik private key Anda dan lakukan back-up secara reguler agar Bitcoin Anda selalu aman.



Apa itu alamat Bitcoin?

Alamat Bitcoin adalah sebuah tanda pengenal sekaligus tempat dimana Anda bisa menerima Bitcoin. Dengan PayPal, Anda mengirimkan uang ke sebuah alamat email, sama halnya dengan Bitcoin dimana Anda akan mengirimkan Bitcoin Anda ke sebuah alamat Bitcoin. Ini adalah contoh sebuah alamat Bitcoin: 19BM7hLWWtTubM8Z8GxQkDozqHUNztoivJ. Tolong pastikan bahwa Anda sudah menuliskan alamat Bitcoin yang Anda ingin kirimkan Bitcoin sudah benar karena transaksi Bitcoin tidak dapat dikembalikan!

Apa itu wallet Bitcoin?

Wallet atau dompet Bitcoin adalah tempat dimana Anda bisa menyimpan saldo Bitcoin Anda secara aman dan efisien. Ada berbagai macam wallet Bitcoin yang dapat Anda gunakan dan Anda install di PC/Laptop, smartphone, tablet atau di cloud. Untuk membuat wallet pribadi, Anda bisa berkunjung ke situs-situs khusus yang memang menyediakan wallet Bitcoin seperti: di Indodax Klik link ini untuk membuat dompet bitcoin Disini

Apa kelebihan Indodax dibandingkan Digital Asset Exchange yang lain?

Indodax termasuk ke dalam Top 20 Biggest Bitcoin Exchangers di dunia dan dalam waktu 2 tahun saja, sudah memiliki lebih dari 50.000 member aktif berdagang di situs Indodax.

Indodax memiliki proses deposit dan withdraw tercepat dibandingkan exchanger lain karena semua sistem dapat berjalan secara otomatis. Namun, demi melindungi keamanan member, sistem otomatis ini selalu diverifikasi ulang oleh tim keuangan Indodax.

Indodax termasuk ke dalam daftar exchanger dengan biaya transaksi terendah untuk jual-beli Bitcoin, yaitu: 0.3% per transaksi untuk market taker dan 0% untuk market maker.

Indodax menyediakan fasilitas perdagangan Alternate Coins seperti Ethereum, Ripple, Dogecoin, Litecoin, Stellar, NXT, XEM, DASH dan Bitshares dengan biaya transaksi 0%.

Indodax termasuk ke dalam 10 pasar yang paling sering digunakan oleh member seluruh dunia untuk menukarkan alternate coinsnya ke Bitcoin.

Indodax terintegrasi dengan berbagai layanan Bitcoin di dunia, seperti: Bitcoin Average, Bitcoin Checker, Bitcoin Ticker Widget dan puluhan layanan lainnya.

Indodax memiliki tim auditor dan keuangan yang bekerja selama 24 jam sehari demi menjamin pengawasan dan pemberian support terbaik kepada setiap member.

Customer Service Indodax selalu stand by dan siap menjawab semua pertanyaan, keluhan dan saran yang diberikan oleh member dalam kurun waktu tidak lebih dari 30 menit.

Semua proses transaksi jual-beli, deposit, dan withdraw di Indodax tetap diproses secara biasa pada hari libur.

Indodax memiliki sebuah proyek sosial untuk menjadikan Bali sebagai ‘Pulau Bitcoin’ atau Bitisland dengan harapan dapat menambah devisa Negara dengan banyaknya turis asing yang datang ke Bali untuk membelanjakan Bitcoin mereka.

Indodax memiliki Forumbitcoin yang merupakan forum aset digital terbesar di Indonesia dimana para member dapat saling bertukar informasi, tips dan tutorial seputar aset digital. Acara Bitcoin Giveaway dengan hadiah jutaan Satoshi juga diberikan secara gratis ke member tiap bulannya untuk meningkatkan antusiasme para pengguna aset digital di Indonesia.



Berapa harga satu Bitcoin?

Berhubung harga Bitcoin bergantung pada permintaan dan penawaran yang ada, harga bitcoin bersifat fluktuatif dan dapat berubah kapan saja. Anda dapat melihat harga Bitcoin terbaru pada halaman awal Market BTC/IDR, di bagian ‘Last Price’.

Dimana saya bisa melihat grafik lengkap tentang pergerakan harga Bitcoin di Indonesia?

Kunjungi link ini untuk mengetahui pergerakan harga Bitcoin di Indonesia, khususnya di Indodax Anda dapat mengatur periode dan tipe chart sesuai yang Anda inginkan di situs tersebut.

Siapa yang menciptakan Bitcoin?

Bitcoin adalah implementasi pertama tentang konsep yang bernama “cryptocurrency”, yang pertama kali dijelaskan pada tahun 1998 oleh Wei Dai. Beliau menyarankan adanya bentuk uang baru yang menggunakan kriptografi untuk mengontrol pembuatan dan transaksi, alih-alih menggunakan otoritas terpusat. Konsep Bitcoin pertama kali dipublikasikan oleh Satoshi Nakamoto pada tahun 2009. Satoshi kemudian meninggalkan proyek ini pada akhir tahun 2010 tanpa memberitahukan identitas aslinya.

Protokol dan perangkat lunak Bitcoin dipublikasikan secara terbuka dan para pengguna dan pengembang teknologi Bitcoin dari seluruh dunia dapat meninjau kode atau membuat sendiri perangkat lunak Bitcoin yang telah dimodifikasi versi mereka. Sama halnya dengan tim developer yang ada saat ini, pengaruh Satoshi Nakomoto hanya terbatas pada beberapa perubahan yang ia ciptakan dan diadopsi oleh pengembang lain, dan dia tidak mengontrol Bitcoin. Dengan demikian, meskipun identitas Satoshi Nakamoto tidak diketahui, Bitcoin dapat berjalan tanpa masalah.

Saya pengguna baru dan saya bingung harus memulai darimana. Bagaimana cara membeli/menjual Bitcoin?

Anda dapat membaca petunjuk memulai kami untuk memudahkan Anda dalam bertransaksi, sekaligus membeli Bitcoin pertama Anda. Silahkan baca panduan berikut ini:

Cara Membeli Bitcoin
Untuk bisa membeli Bitcoin, Anda harus memiliki saldo Rupiah terlebih dahulu. Silahkan klik menu “Setor/Tarik Rupiah” dan transfer uang Rupiah yang ingin Anda belikan Bitcoin ke Indodax sesuai instruksi yang tertera di menu tersebut.


Terdapat beberapa metode pembayaran yang Anda pilih tergantung apakah Anda ingin melakukan deposit via tunai, voucher, transfer bank, atau e-wallet. Masukkan jumlah saldo Rupiah yang ingin Anda belikan Bitcoin, dan pilih sumber dana serta metode pembayaran sesuai keinginan Anda.


Bila Anda menggunakan metode pembayaran transfer bank, mohon isi form Konfirmasi Transfer, dan pastikan Anda melakukan deposit dari rekening bank atas nama Anda sendiri.
Tunggu team keuangan kami memvalidasi deposit Anda. Saldo akan masuk dalam 15-60 menit pada jam kerja. Setelah saldo Rupiah Anda masuk, Anda bisa ke langkah selanjutnya untuk membeli Bitcoin.

Klik menu “Beli/Jual Bitcoin Instan” untuk melakukan pembelian Bitcoin secara instan menggunakan harga terbaik yang ada di order book saat ini. Cukup masukkan saldo Rupiah yang ingin Anda tukarkan ke Bitcoin (bisa dimulai dari Rp 1,000) dan klik “Lanjutkan”. Saldo Anda akan berubah secara otomatis menjadi Bitcoin. Metode instan ini akan kami kenakan fee sebesar 0.3% dari jumlah transaksi.


Untuk membeli Bitcoin menggunakan harga yang Anda inginkan, Anda bisa pasang order beli di menu “Bitcoin Spot Market”. Masukkan jumlah Rupiah dan harga beli yang Anda mau, kemudian tekan tombol “Lanjutkan”. Order Anda akan pending, hingga harga market turun menyentuh harga beli yang sudah Anda tetapkan. Anda bisa membatalkan order ini sewaktu-waktu bila diperlukan dengan mengklik tombol ‘cancel’ disebelah kanan. Metode Bitcoin Spot Market ini tidak kami kenakan fee apapun.


Apabila order telah selesai maka saldo Bitcoin akan otomatis muncul di saldo akun Anda.

Cara Menjual Bitcoin
Untuk bisa menjual Bitcoin, Anda harus memiliki saldo Bitcoin terlebih dahulu. Bila Anda belum memiliki saldo Bitcoin di Indodax, silahkan klik menu “Kirim/Terima Bitcoin”, dan temukan Alamat Bitcoin Anda. Kirim Bitcoin yang ingin Anda jual ke alamat tersebut.

Tunggu 10-20 menit hingga Bitcoin muncul di dalam saldo Anda di Indodax.com. Saldo akan muncul setelah mendapatkan 1 konfirmasi dari jaringan.
Klik menu “Beli/Jual Bitcoin Instan” untuk melakukan penjualan Bitcoin secara instan menggunakan harga terbaik yang ada di order book saat ini. Cukup masukkan saldo Bitcoin yang ingin Anda tukarkan ke Bitcoin (bisa dimulai dari Rp 1,000) dan klik “Lanjutkan”. Saldo Anda akan berubah secara otomatis menjadi Bitcoin. Metode instan ini akan kami kenakan fee sebesar 0.3% dari jumlah transaksi.


Untuk menjual Bitcoin menggunakan harga yang Anda inginkan, Anda bisa pasang order jual di menu “Bitcoin Spot Market”. Masukkan jumlah Bitcoin dan harga jual yang Anda mau, kemudian tekan tombol “Lanjutkan”. Order Anda akan pending, hingga harga market naik menyentuh harga jual yang sudah Anda tetapkan. Anda bisa membatalkan order ini sewaktu-waktu bila diperlukan dengan mengklik tombol ‘cancel’ disebelah kanan. Metode Bitcoin Spot Market ini tidak kami kenakan fee apapun.


Apabila order telah terpenuhi maka saldo Rupiah akan muncul di saldo akun Anda.

BUAT WALLET DIGITAL ASET ANDA SEKARANG KLIK DISINI DAN DAPATKAN DIGITAL ASET ANDA DENGAN CARA YANG MUDAH SERTA AMAN KLIK DISINI

SUMBER ARTIKEL >>>>