Sidak Pelaksanaan UNBK


Mendikbud Sidak Pelaksanaan UNBK di SMKN 29 dan SMKN 6

SEBARIN.INFO - Jakarta,  - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy sidak pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 29 Penerbangan dan SMKN 6 Jakarta Selatan, Senin (2/4).

Pertama Mendikbud Muhadjir mendatangi SMKN 29 Penerbangan Jakarta. Dia tiba pukul 07.40 WIB dan langsung memantau suasana pelaksanaan UNBK Siswa yang sudah masuk sejak pukul 07.00 WIB, terlihat sudah mengerjakan soal Ujian Nasional dengan komputer sebagai perangkatnya.

Tidak hanya memantau dari luar, Mendikbud juga sempat ingin masuk ke dalam ruangan tempat UN berlangsung. Kepala Sekolah SMKN 29 Asep Supriatna, memberikan izin, namun niat itu langsung dibatalkan Mendikbud. "Enggak boleh dibuka ini. Kan peraturannya memang enggak boleh. Menteri sendiri juga enggak boleh," tegas Muhadjir.

Memang di pintu ruang UNBK, terdapat peringatan yang bertuliskan "Dilarang masuk selain peserta ujian dan pengawas serta tidak diperkenankan membawa alat komunikasi".

Usai meninjau SMKN 29 Penerbangan Jakarta, Muhadjir kemudian meninjau pelaksanaan UN di SMKN 6 Jakarta, yang letaknya tak jauh dari SMKN 29 Penerbangan.

Direktur Pembinaan SMK Kemendikbud M. Bakrun mengatakan sebanyak 1.485.302 siswa SMK di seluruh Indonesia mengikuti UN dan sebanyak 98 persen mengikuti UNBK, sedangkan sisanya dua persen mengikuti UN tertulis.

Sementara itu Kepsek SMKN 29 Penerbangan Asep Supriatna mengatakan hari pertama UNBK, mata pelajaran yang diujikan adalah bahasa Indonesia. Ia juga menyatakan mendukung pelaksaaan UNBK untuk meningkatan kompetensi dikalangan siswa peserta didik.(InfoPublik)