Upaya Pencegahan TB


Upaya Pencegahan TB Dengan Berperilaku Hidup Sehat

SEBARIN.INFO - Jakarta,  - Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Anung Sugihantono mengatakan sebagai upaya pencegahan penyakit Tuberkulosis (TBC), kita harus bisa berperilaku dan menjaga lingkungan untuk tetap bersih dan sehat.

"Diantaranya memastikan ketersediaan air bersih, fentilasi yang cukup di rumah, dan memastikan adanya sinar matahari yang masuk ke dalam rumah. TB juga bisa dicegah dengan imunisasi pada bayi sejak lahir," kata Anung dalam temu media yang berlangsung di Stasiun Kota, Jakarta, Rabu (21/3).

Ia menjelaskan pelayanan Tuberculosis (TB) pun tidak hanya di rumah sakit tertentu tapi semua puskesmas sudah mampu melaksanakan pengobatan TB secara utuh.

"Jika TBC terjadi pada seorang dewasa, maka bisa disembuhkan meskipun ada beberapa yang mengalami resistensi berbagai macam obat. Juga upaya-upaya pencegahan di ruang publik menjadi suatu hal yang sangat penting. Misalkan dengan etika saat batuk atau bersin sebaiknya ditutup dengan sapu tangan, masker, maupun tissue dan jangan membuang ludah sembarangan," paparnya.

Sedangkan untuk TB Multi Drug Resistant (MDR) atau kuman TB yang sudah kebal obat (resistant) pengobatannya sangat selektif, dan memerlukan pendampingan khusus. "Tidak semua rumah sakit dan fasilitas kesehatan diberikan kesempatan untuk melakukan pengobatan TB MDR," ungkapnya.

Untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap penyakit TB, Puncak Peringatan Hari TB Sedunia akan dilaksanakan pada 24 Maret 2018 di Monas, Jakarta Pusat.

Anung berharap semua orang peduli terhadap upaya penemuan, upaya pengobatan, dan memastikan bahwa obat yang disediakan diminum sampai tuntas.(InfoPublik)