Mensos: Penting Tingkatkan Kualitas Layanan Panti


SEBARIN.INFO - Jakarta,- Menteri Sosial (Mensos) Idrus Marham menekankan pentingnya meningkatkan kualitas layanan sejumlah panti.

Hal itu disampaikan Mensos saat berkunjung ke Panti Aura Welas Asih, Panti Sosial Rehabilitasi Sosial (PSRS) Odiv HIV, dan Panti Sosial Bina Laras (PSBL) Phalamarta, di Sukabumi, Jawa Barat, Jumat (25/5) seperti dikutip dalam keterangan Kemensos.

"Penguatan panti baik dari aspek sumber daya manusia (pendamping) maupun kualitas fisik (fasilitas) dari panti perlu didorong," ujarnya.

Di Panti Aura Welas Asih, Mensos menyerahkan bantuan sebesar Rp80.160.000 yang dialokasikan untuk biaya makan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang dirawat di Panti Aura Welas Asih selama 1 tahun.

Di Panti Sosial Rehabilitasi Sosial (PSRS) Kahuripan dan Panti Sosial Bina Laras (PSBL) Phalamarta Sukabumi, Mensos mengapresiasi karya-karya dan semangat para binaan untuk maju dengan mengasah berbagai keterampilan seperti menjahit, memasak, membuat kerajinan tangan, bermain musik dan lain-lain.

Terkait ODGJ, Mensos Idrus menyoroti banyak persoalan kompleks yang dihadapi dalam mewujudkan Indonesia bebas pasung. "Masih ada warga yang menganggap bahwa anggota keluarganya yang mengidap gangguan jiwa ialah aib," ujarnya.

Soal pemasungan sambung Idrus, pemerintah perlu melakukan pendekatan, semua sektor juga harus terlibat mulai dari kesehatan, sosial, Pemda dan semua pihak harus terlibat melalui program-program yang jelas hingga Indonesia benar-benar mampu mencanangkan 2019 Indonesia bebas pasung.

"Bukan hanya merehabilitasi ODGJ tapi juga bagaimana mengedukasi keluarganya karena ada yang menganggap hal itu adalah aib keluarga kadang mereka ini tertutup dan tidak diketahui publik secara umum," kata Mensos. (Sumber: Kemensos RI /  InfoPublik )