Kemenkes Berikan Penghargaan Kepada Daerah yang Terapkan KTR


SEBARIN.INFO - Jakarta,  - Kementerian Kesehatan bersama pemerintah daerah telah berusaha melakukan berbagai upaya untuk mencegah dan melindungi masyarakat dari dampak buruk merokok. Salah satu upayanya yaitu dengan menerbitkan peraturan Kawasan Tanpa Rokok (KTR).

KTR yaitu area yang dinyatakan dilarang untuk kegiatan merokok atau memproduksi, menjual, mengiklankan/mempromosikan, produk tembakau. Pemerintah daerah (Pemda) memiliki amanah untuk menetapkan KTR di wilayahnya masing-masing melalui Perda maupun Peraturan Kepala Daerah (Perkada).

Hingga tahun ini sudah ada 19 provinsi dan 309 kab/kota yang telah memiliki Perda dan peraturan pimpinan daerah yang terkait dengan KTR. Menteri Kesehatan Nila Moeloek mengapresiasi tinggi bagi daerah yang mengimplementasikan KTR dengan baik.

“Terima kasih sebesar-besarnya kepada Ketua Aliansi bupati-wali kota Peduli KTR dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular bersama jejaringnya yang telah melakukan sosialisasi dan advokasi kepada bupati/wali kota yang belum menerbitkan aturan atau yang belum mengimplementasikan KTR,” kata Menteri Nila, di Jakarta, Kamis (31/5).

Kemenkes memberikan Penghargaan Pastika Parama, Paramesti, dan Pastika Parahita. Penghargaan Pastika Parama diberikan Menteri Nila yang diwakilkan Sekjen Kemenkes Untung Suseno, kepada 11 daerah yang memiliki Perda dan juga telah mengimplementasikan kebijakan KTR tersebut di wilayahnya.

Selain itu, Penghargaan Paramesti dan Pastika Parahita diberikan Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes Anung Sugihantono kepada 104 daerah. Penghargaan Paramesti diberikan kepada 43 provinsi/kabupaten/kota yang telah memiliki kebijakan baik berupa peraturan gubernur/bupati/wali kota tentang KTR.

Sedangkan Penghargaan Pastika Parahita diberikan kepada 62 provinsi/kabupaten/kota yang telah memiliki Perda tentang KTR. Sebanyak 10 daerah juga mendapatkan penghargaan Pastika Awya Pariwara karena telah melakukan kebijakan berupa pelarangan total iklan rokok di luar gedung agar tidak memengaruhi anak-anak untuk mulai merokok.

Menkes Nila berharap ke depan akan terjadi peningkatan jumlah kabupaten/kota yang telah mempunyai aturan KTR. (InfoPublik)

0 Response to "Kemenkes Berikan Penghargaan Kepada Daerah yang Terapkan KTR"

Post a Comment