Kemristekdikti-Indosat Jalin Kerja Sama Bangun IdREN


SEBARIN.INFO - Pekanbaru, - Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) kembali menjalin kerja sama dengan PT. Indosat dalam pengembangan jaringan Internet jalur khusus, untuk pendidikan dan penelitian Indonesia Research Education Network (IdREN).

IdREN merupakan jaringan yang dimanfaatkan untuk pengembangan kegiatan-kegiatan di Perguruan Tinggi, riset dan kolaborasi riset Internasional melalui jalur private yang terhubung ke global Research Education Networks (REN) atau jaringan internet khusus untuk Pendidikan dan Penelitian ke Negara lain.

Penandatanganan kerja sama tersebut diwakilkan Sekretaris Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemristekdikti Rina Indriastuti, dengan Director and Chief Business Officer Indosat Ooredoo Herfini Haryono di sela kegiatan Ilmiah bertema "Riset, Inovasi Menuju Ekonomi Era Industri 4.0" di Pekanbaru, Riau, Kamis (9/8).

Kemristekdikti menyebutkan tngginya kebutuhan pertukaran informasi, terutama penelitian bersama pada kalangan Akademisi di Perguruan Tinggi memerlukan wadah yang tepat.

"Karena itu, dilakukan kerja sama untuk memfasilitasi pengembangan infrastruktur yang kelak dapat meningkatkan kegiatan pembelajaran jarak jauh (daring), penelitian, dan pemanfaatan bersama sumber daya maupun konten," kata Rina.

IdREN merupakan inisiatif lanjutan dari inisiatif sejenis yakni INHERENT, yang dimulai pada 2006 sampai 2013, dan telah dibangun bersama oleh UI, ITB, UGM, UB, dan ITS dan nantinya akan didukung oleh operator nasional jaringan PT. Indosat Tbk, setelah sebelumnya Kemenristekdikti juga sudah menjalin kerja sama dengan PT. Telkom di 2017.

Cakupan dari kerja sama ini terkait penyediaan jaringan Indosat untuk mendukung jangkauan IdREN ke seluruh Indonesia, harapannya akan terbentuk platform research and education antar perguruan tinggi, sebagai jembatan antara institusi pendidikan tinggi, pemerintah, industri dan lembaga penelitian guna meningkatkan daya saing nasional dalam persaingan global serta menyambut era revolusi industri 4.0. Sumber

0 Response to "Kemristekdikti-Indosat Jalin Kerja Sama Bangun IdREN"

Post a Comment