Advertisement here

Teks Prosedur Kompleks Tentang Cara Mengurus Kartu Pelajar


teks prosedur kompleks tentang cara mengurus kartu pelajar
via pinterest.com
Terakhir, contoh teks prosedur kompleks tentang cara mengurus kartu pelajar. Baik kartu pelajar yang diperuntukan untuk siswa baru ataupun untuk siswa yang kehilangan kartu pelajarnya.

Tujuan

Teks prosedur ini memberikan informasi mengenai cara mengurus kartu pelajar.
Biasanya tiap sekolah memiliki kebijakan yang berbeda untuk pembuatan kartu pelajar baik kartu pelajar untuk siswa baru atau kartu pelajar siswa lama yang hilang.
Namun tahap-tahap yang harus ditempuh siswa untuk mengurus kartu pelajar pada masing-masing sekolah rata-rata memiliki kesamaan.
Berikut ini merupakan langkah-langkah yang harus ditempuh untuk mengurus kartu pelajar.

Langkah-langkah

A. Untuk kartu pelajar siswa baru

Biasanya sekolah akan menjadwalkan pembuatan kartu pelajar bagi siswa baru dan wali murid masing-masing akan memberitahukan jadwalnya serta informasi selengkapnya. Selanjutnya, tiap siswa akan melakukan proses berikut ini:
  1. Datang ke ruang tata usaha sekolah.
  2. Meminta blanko/formulir untuk pembuatan kartu pelajar pada petugas yang sedang berjaga.
  3. Isi data diri sesuai dengan data diri untuk daftar masuk sekolah.
  4. Serahkan blanko yang telah terisi pada petugas. Selanjutnya petugas akan meminta kamu untuk menuju ruang foto.
  5. Memasuki ruang foto, rapikan rambut dan wajah agar foto di kartu pelajarmu tampak keren. Ikuti perintah dari petugas foto.
  6. Setelah sesi foto selesai, maka proses ini telah selesai. Kartu pelajar akan jadi sekitar 2 minggu atau menyesuaikan dengan kebijakan sekolah. Kartu pelajar bisa diambil di ruang tata usaha tersebut atau akan dibagikan oleh wali murid masing-masing kelas.

B. Untuk kartu pelajar yang hilang

Adakalanya sekolah tidak memiliki fasilitas lengkap sehingga jika kamu kehilangan kartu pelajar, kamu harus menunggu jadwal pembuatan kartu pelajar untuk siswa baru karena di momen itu sekolah telah mempersiapkan peralatan untuk pembuatan kartu pelajar ini.
Namun pada sekolah yang memiliki fasilitas bagus, kartu pelajar bisa dibuat sewaktu-waktu bilamana kartu pelajarmu hilang.
Berikut langkah-langkah yang harus kamu tempuh untuk membuat kartu pelajar baru.
  1. Meminta surat keterangan kehilangan di kantor kepolisian. Surat ini merupakan bukti resmi yang akan diminta oleh petugas sekolah.
  2. Datanglah di ruang tata usaha, temui petugas dan katakan keperluanmu.
  3. Petugas akan menanyakan beberapa hal tentang hilangnya kartu tersebut sekaligus meminta surat keterangan kehilangan dari kantor polisi. Nah, kamu tinggal memberikannya saja.
  4. Petugas akan memberikan blanko untuk kartu pelajar. Namun ada juga sekolah yang telah memiliki data base sehingga kamu tidak perlu lagi mengisi blanko kartu pelajar yang artinya kartu pelajarmu tinggal di cetak ulang.
  5. Setelah kamu mengisi blanko tersebut, petugas akan menyuruhmu duduk di ruang pemotretan.
  6. Setelah sesi foto selesai, kartu pelajarmu akan jadi dalam satu minggu atau sesuai dengan kebijakan sekolah.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Advertisement here
Advertisement here
Advertisement here
Advertisement here