Advertisement here

4 Cara Menanam Bunga Daisy Dengan Mudah

Hasil gambar untuk menanam bunga Daisy

Bagai sebagian besar orang khususnya para wanita pasti pernah menerima rangkaian bunga entah itu dari teman, sahabat, ataupun keluarga dalam berbagai acara tertentu.

Tidak hanya tersusun dari berbagai jenis bunga saja, biasanya sebagai pemanis rangkaian bunga juga ada pita dan kartu ucapan. dari semua jenis bunga yang ada ada salah satu jenis bunga yang banyak digemari oleh sebagian besar orang.Dari rangkaian bunga yang ada biasanya ada banyak sekali bunga tersusun di dalamnya mulai dari bunga berukuran sedang seperti bunga mawar, seruni, aster, hingga bunga- bunga kecil sebagai pelengkapnya seperti bunga baby breath.
Dan daripada jenis bunga lainnya seperti mawar ataupun tulip memang bunga daisy cenderung memiliki pesona yang berbeda, bunga daisy memiliki kecantikannya sendiri dilihat dari warna dan bentuknya. Secara ilmiah bunga daisy masih termasuk dalam spesies vascular yang memiliki banyak kandungan air. Daysi dapat di temui di seluruh wilayah di berbagai Negara bahkan di Indonesia, hal ini karena bunga daisy sangat mudah tumbuh dan beradaptasi. Adapun ciri dari bunga daysi yaitu bunga memiliki kelopak berwarna putih dan memiliki pusat berwarna kuning terang.
Cara Menanam Bunga Daisy
Banyak sekali orang menanam bunga daisy sebagai penghias taman ataupun pekarangan mereka, tak jarang juga bunga yang satu ini ditanam sebagai hadiah dari seorang kekasih. Bunga daisy sendiri memiliki arti ketulusan, kesetiaan dan penantian. Akan sangat cocok jika anda menanamnya di ruangan sebagai penghias agar ruangan anda terlihat lebih cantik dan manis. Untuk cara menanamnya terbilang sangat mudah dan murah, anda juga tidak perlu mengeluarkan banyak biaya dalam merawatnya. Bagi anda yang tertarik dengan bunga ini, berikut kami sampaikan informasi mengenai cara menanam bunga daisy.
  1. Benih Bunga Daisy
Langkah pertama yang harus anda lakukan dalam cara menanam bunga daisy yaitu mempersiapkan benih yang baik dan berkualitas, adapun tips untuk memilih benih yang baik dan berkualitas. Berikut merupakan penjelasan singkatnya :
  • Untuk benih bunga daisy anda bisa mendapatkannya dengan 2 cara. Cara pertama yaitu dengan mendapatkan benihnya secara langsung atau membeli benih bunga daisy di toko benih tanaman hias.
  • Jika anda mendapatkannya secara langsung, pilih benih bunga yang berkualitas baik dan layak tanam dengan ciri benih tidak rusak ataupun cacat.
  • Lalu keringkan terlebih dahulu selama kurang lebih 2 hari benih bunga daisy yang telah anda dapatkan. Pastikan benih kering dengan sempurna dan simpan terlebih dahulu benih yang akan anda tanam di tempat sejuk.
  • Untuk penyimpanan usahakan selama 2 hingga 3 minggu agar benih memasuki masa dolmansi dengan baik.
  • Adapun cara ke dua yaitu dengan membelinya di toko benih tanaman hias, pilihlah benih dengan bungkus yang rapid an dalam kondisi kering.
  • Agar meyakinkan, anda bisa melihat review toko ataupun bertanya kepada pemilik toko mengenai benih bunga daisy yang anda inginkan.
  • Setelah anda mendapatkan benih yang berkualitas baik dan layak tanam, anda bisa melakukan langkah selanjutnya.
  1. Bibit Bunga Daisy
Langkah selanjutnya dalam cara menanam bunga daisy yaitu mendapatkan bibitnya, untuk mendapatkan bibitnya anda harus melakukan penyemaian. Untuk melakukan penyemaian anda hanya memerlukan beberapa alat dan bahan di sekitar anda, berikut penjelasannya :
  • Pertama rendam benih bunga daisy pada wadah seperti mangkik dengan air bersih selama 2 hingga 3 jam.
  • Perhatikan juga apabila ada benih yang mengapung dipermukaan, hal ini berarti benih yang mengapung merupakan benih yang tidak layak tanam. Maka dari itu anda harus menyingkirkan benih yang mengapung.
  • Setelah itu anda bisa menyiapkan media semai berupa tray ataupun polybag. Langkah selanjutnya anda bisa mencampurkan tanah, pasir, dan pupuk kandang ataupun kompos dengan perbandingan 1: 1: 1.
  • Masukkan tanah campuran ke dalam wadah tray ataupun polybag dan taburkan benih di atasnya secara merata.
  • Lapisi kembali bagian atas benih dengan tanah yang dicampur pupuk secara tipis dan lembabkan tanah. 

  • Untuk melembabkan tanah, anda bisa menggunakan spray, untuk menyamprotnya usahakan rata dan tidak terlalu berlebihan.
  • Letakkan media semai pada ruang yang sejuk dengan cukup penyinaran hingga tunas muda mulai muncul. Setelah itu rawatlah dengan memberi pupuk tambahan dan penyiraman secara teratur untuk menjaga kelembapannya hingga benih tumbuh menjadi bibit setinggi 5 cm.
  1. Media Tanam Bunga Daisy
Langkah terpenting berikutnya dalam cara menanam bunga daisy yaitu menyiapkan media tanam yang pas. Untuk menyiapkan media tanam usahakan anda melakukannya 2 atau 3 hari setelah bibit siap dipindahkan. Berikut sedikit penjelasannya :
  • Pertama, pilihlah media tanam yang anda suka. Anda bisa memilih media tanam berupa pot ataupun menanamnya secara langsung pada lahan pekarangan anda.
  • Sebagai tips akan lebih mudah untuk merawatnya apabila anda menanam bunga daisy di dalam pot, selain itu anda dapat memindahkannya di manapun sebagai salah satu bahan dekorasi.
  • Jika anda memilih media di pot, anda bisa memilih berbagai macam jenis pot mulai dari pot yang biasa, pot poselen, hingga pot gantung. Setelah itu siapkan tanah, pasir dan pupuk kandang ataupun kompos.
  • Campurkan tanah, pupuk dan pasir dengan perbandingan 2: 1: 1 dan masukkan ke dalam pot. Didakan sekitar 5cm di bagian atas untuk mencegah tanah tumpah saat anda memindahkan pot nantinya.
  • Buatlah lubang tanam pada setiap pot dengan kedalaman sekitar 5 hingga 7 cm.
  • Pisahkan bibit yang telah anda siapkandari media semai secara perlahan. Pisahkan menggunakan sekop agar tidak merusak akarnya. 

  • Masukkan bibit ke dalam media tanam dan tutup lubang dengan tanah campuran, jangan lupa untuk memadatkannya agar bibit dapat berdiri kokoh.
  • Adapun cara jika anda ingin menanam bibit daisy di lahan tanam langsung, tentunya anda harus melakukan beberapa langkah seperti penggembburan tanah, pemupukan, dan membuat lubang tanam.
  • Setelah itu anda baru bisa menanam bibit bunga daisy, pastikan ketika anda menanam dan membuat lubang tanam anda bisa memberi jarak sekitar 12 inci.
  • Anda bisa mengatur sedemikian rupa untuk membuat tampilan taman ataupun pekarangan anda jadi lebih indah.
  1. Perawatan Bunga Daisy
Adapun cara merawat bunga daisy yang telah anda tanam dalam cara menanam bunga daisy yang, perawatannya sangat mudah dan praktis. Lakukanlah perawatan berikut dengan tepat untuk menjaga keindahan dan kesehatan bunga daisy anda :
  • Lakukan penyiraman secara rutin terutama saat musim kemarau tiba untuk menjaga kelembapan tanah pada media tanam. Anda bisa melakukan penyiraman menggunakan spray.
  • Pemupukan lanjutan bisa anda lakukan setelah 2 minggu masa tanam dan lakukan secara rutis setiap 3 minggu sekali. Sembari melakukan pemupukan, anda juga bisa melakukan penyiangan untuk menjaga kebersihannya.
  • Lakukan juga pemangkasan untuk merapikan dan meregenerasi bunga daisy anda.


Itulah cara menanam bunga daisy paling mudah, murah dan praktis, lakukan dengan tepat dan cermat untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Selamat mencoba.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Advertisement here
Advertisement here
Advertisement here
Advertisement here