Advertisement here

6 Manfaat Jambu Air Untuk Kesehatan dan Kulit

Hasil gambar untuk jambu air


Jambu air merupakan tanaman buah-buahan yang sering dijumpai disekitar halaman rumah. Tanaman jambu air sendiri adalah tanaman yang berasal dari wilayah asia tenggara. Maka dari itu, buah ini sangat mudah kita jumpai saat musim buahnya sedang berlangsung. Buah jambu air memiliki rasa manis dan asam yang sangat menyegarkan yang ditambah dengan kandungan airnya yang melimpah.


Manfaat Jambu Air Bagi Kesehatan

Jambu air kaya akan vitamin C, serat makanan, vitamin A, kalsium, thiamin, niacin, besi dan kalium. Senyawa organik di dalamnya mengandung jambosine, asam betulinic, dan lakton Friedel. Hal ini mendatangkan beberapa manfaat jambu air seperti berikut:
1. Mengontrol Diabetes
Jambosine adalah jenis alkaloid yang telah menunjukkan hasil yang menjanjikan dalam menghalangi atau mengatur konversi pati menjadi gula. Hal ini merupakan perkembangan yang sangat penting bagi penderita diabetes dan orang-orang yang berisiko mengembangkan diabetes. Penelitian lebih lanjut sedang berlangsung tentang dampak jambosine pada kontrol gula darah.
2. Menyehatkan Pencernaan
Kandungan serat yang tinggi dari jambu air membuat tubuh lebih mudah mengatur perjalanan makanan melalui saluran pencernaan, menghilangkan sembelit seperti yang juga ditemukan dalam manfaat jambu biji. Juga sebagai pengobatan tradisional pada bagian bijinya yang telah digunakan untuk mencegah diare dan disentri.
3. Pencegahan Kanker
Senyawa organik yang aktif di dalam jambu air yang mengandung manfaat viatamin C dan manfaat vitamin A, telah dikenal sebagai pengobatan kanker dan pencegahan yang efektif. Penelitian awal dan pengobatan tradisional mengklaim bahwa kanker prostat dan kanker payudara, berkurang dengan menambahkan jambu air untuk diet.
4. Detoksifikasi
Selama ratusan tahun, rebusan jambu biji telah digunakan sebagai zat diuretik, yang membantu untuk membersihkan hati dan toksisitas ginjal. Selain itu, untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan efisiensi metabolisme tubuh.
5. Menyehatkan Jantung
Kombinasi serat dan nutrisi dalam jambu air telah menunjukkan efek yang signifikan terhadap kadar kolesterol. Dalam studi penelitian yang mengarah ke kemungkinan lebih rendah dari aterosklerosis dari jambu air, sehingga mencegah komplikasi kardiovaskular seperti serangan jantung, stroke, dan penyakit jantung koroner.
6. Meningkatkan Sistem kekebalan
Komponen aktif dan stabil dalam jambu air telah dikaitkan dengan efek antimikroba dan anti jamur. Penelitian telah menunjukkan bahwa hal tersebut, dapat melindungi kulit dari pengembangan berbagai infeksi, yang dapat meningkatkan kekuatan sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit karena infeksi.
manfaat-jambu-air

Kadang kulit yang kekurangan terlihat kering dan kusam. Hal tersebut  dapat diatasi dengan mengkonsumsi buah yang mengandung banyak air seperti jambu air ini. Mengkonsumsi jambu air memberikan sumbangan air dan vitamin C yang sangat melimpah. Vitamin C mengandung anti oksidan yang mampu melawan penuaan dini. Manfaat antioksidan ini menjaga regenerasi sel kulit dan meningkatkan asupan zat besi bagi tubuh. Jadi memakan jambu air yang sesuai, sangat berarti bagi kesehatan tubuh.
Rujak dengan tambahan buah jambu air dapat memberikan manfaat jambu air yang alami karena buah yang dimakan masih segar dan juga manfaat buah lain yang ada di dalamnya  didapatkan sekaligus. 
Faktor Resiko Jambu Air
Meskipun akar dan biji tanaman jambu air banyak digunakan sebagai pengobatan kuno, namun juga dikenal dapat menyebab racun. Selain itu, jambu air juga  mengandung sianida. Konsultasikan dengan dokter, sebelum mencoba pengobatan dengan jambu air untuk menghindari kondisi yang tidak diinginkan. Konsumsi variasi buah-buahan lebih dianjurkan untuk memuat semua jenis nutrisi yang baik untuk tubuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Advertisement here
Advertisement here
Advertisement here
Advertisement here