Advertisement here

9 Manfaat Buah Erbis Bagi Kesehatan


Buah erbis adalah salah satu jenis buah yang sangat umum di Indonesia. Buah ini termasuk sebagai salah satu jenis buah markisa dengan bentuk yang lebih besar dan lonjong dibandingkan dengan jenis buah markisa lain. Tanaman ini bisa tumbuh subur di wilayah dengan dataran rendah. 

pH tanah dengan angka sekitar 5,5 hingga 6,5 menjadi media yang sangat tepat untuk menanam buah erbis. Tanaman ini tidak memerlukan banyak air sehingga lebih senang tumbuh pada lahan yang lebih kering. Penyebaran tanaman erbis bisa dilakukan dengan menyemaikan benih kemudian memindahkan ke lahan yang sesuai. Lebih baik jika ditanam pada musim penghujan.
Kandungan Gizi Buah Erbis
Buah erbis mengandung berbagai jenis nutrisi yang sangat penting untuk tubuh kita. Meskipun di beberapa daerah tanaman ini hanya dimanfaatkan sebagai tanaman pagar hidup. Setiap 100 gram buah erbis mengandung beberapa bahan seperti :
  • energi (72kkal)
  • protein (0,5 gr)
  • karbohidrat (19 gr)
  • kalsium (10 mg)
  • fosfor (50 mg)
  • zat besi (1 mg)
  • vitamin A (10 IU)
  • vitamin C (a16 mg)
Buah erbis mengandung berbagai nutrisi yang penting untuk kesehatan. Konsumsi buah erbis sebenarnya bisa dilakukan dengan cara yang mudah. Anda bisa mengolahnya menjadi jus atau buah untuk camilan. Rasa alami buah erbis manis, asam dan menyegarkan. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari buah erbis :
1. Menjaga Kesehatan Usus
Dalam setiap 100 gram buah erbis mengandung sekitar 64 gram serat larut yang berarti bahwa jenis serat ini sangat baik untuk menjaga kesehatan usus. Masnfaat serat larut dalam buah erbis sangat baik untuk meningkatkan proses amilase usus yaitu sebuah proses yang bisa membantu merubah gula kompleks dari makanan menjadi gula sederhana yang bisa langsung masuk ke sistem pencernaan. Serat juga menurunkan kadar pH dan amoniak pada usus sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan usus.
Manfaat buah erbis juga bisa mengatasi masalah ketidakseimbangan bakteri dalam usus dan mencegah kemungkinan timbulnya tumos atau kanker usus besar. Serat juga baik untuk mencegah sembeli dan wasir.
2. Mencegah Asma
Menurut sebuah penelitian yang dikembangkan di Iran diketahui bahwa jeli dan kulit erbis mengandung senyawa dan asam khusus yang bisa mencegah serangan asma bagi penderita asma dalam berbagai skala.
Buah erbis juga mengandung manfaat antioksidan tinggi yang bisa mengatasi kanker dan penyakit jantung. Kandungan manfaat senyawa flavoid buah erbis juga bisa menjadi antihistamin alami yang mencegah sakit dan sesak pada penderita asma. Bahkan buah erbis juga bisa mengatasi alergi dan demam pada penderita asma.

3. Mencegah Penyakit Jantung
Kandungan polifenol dalam biji buah erbis mengandung manfaat yang sangat besar untuk menjaga kesehatan jantung. Kandungan senyawa ini bisa mengatasi masalah pada pembuluh darah dan menjaga agar pembuluh darah tetap rileks sehingga mengatasi stres pada pembuluh darah. Senyawa dan nutrisi pada buah erbis ini juga bisa menjaga kesehatan jantung karena mampu mendukung pekerjaan pembuluh darah dan mengatasi kerusakan sistem pembuluh darah.
4. Mencegah Kanker
Manfaat Buah erbis mengandung senyawa alkaloid dan antioksidan yang tinggi dan bisa bertindak sebagai agen kesehatan yang mengatasi zat radikal bebas. Selain itu, buah erbis juga mengandung fitokimia seperti karotenoid dan polifenol yang bisa mencegah munculnya sel kanker. Jenis asam yang ditemukan pada buah erbis seperti asam linoleat, oleat, palmitat dan strearat yang bisa mencegah resiko kanker payudara.
Buah erbis juga penting untuk mengatasi berbagai jenis pertumbuhan jamur dalam tubuh, untuk mengatasi berbagai jenis kemungkinan penyakit yang disebabkan oleh zat radikal bebas.
5. Mengatasi Gangguan Tidur
Gangguan kesulitan untuk tidur seperti insomnia bisa menyebabkan beberapa jenis penyakit seperti serangan jantung dan juga kanker. Hal ini disebabkan karena organ tubuh dan sel-sel dalam tubuh tidak mendapatkan suplai manfaat oksigen yang tepat. Buah erbis bisa mengatasi gangguan tidur karena bisa menyebabkan efek yang menenangkan untuk pikiran dan perasaan. Konsumsi buah erbis disarankan untuk semua orang yang memiliki masalah gangguan tidur.
6. Mengatasi Rasa Cemas
Rasa cemas menjadi salah satu perasaan yang bisa meningkatkan stres dan bisa mempengaruhi kerja organ tubuh secara umum. Banyak orang yang kemudian menderita penyakit serius hanya karena sering merasa cemas sepanjang waktu. Gangguan cemas yang berlangsung dalam waktu lama juga bisa menyebabkan masalah pada tekanan darah seperti menjadi hipertensi.
Kandungan buah erbis yang penuh dengan efek menenangkan bisa mengatasi masalah gangguan kecemasan. Konsumsi dalam bentuk jus atau diawetkan dengan beku bisa menjadi solusi yang baik untuk mengatasi rasa cemas.
7. Mencegah Anemia
Anemia adalah salah satu gangguan yang disebabkan karena kurangnya kandungan hemoglobin dalam darah. Anemia banyak menyerang wanita dan remaja yang sudah mengalami masa siklus menstruasi. Jika anemia tidak diobati maka bisa menyebabkan penderita kehilangan masa-masa produktif karena anemia akan menyebabkan tubuh menjadi lebih lemah.

Buah erbis mengandung manfaat zat besi dan fosfor yang sangat baik untuk meningkatkan kandungan hemoglobin dalam darah. Konsumsi secara teratur bisa mengurangi resiko anemia dan mencegah anemia agar tidak kembali lagi.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Advertisement here
Advertisement here
Advertisement here
Advertisement here