Advertisement here

Cara Agar Bunga Buah Naga Berbuah – Mudah Banget

Pembudidayaan pada tanaman buah naga kini haruslah mulai ditingkatkan, apalagi dengan karakteristik buah yang sangat unik membuat setiap wisatawan akan mencari buah naga sebagai oleh-oleh yang tepat dibawa pulang.

Akan pentingnya hal tersebut, berikut adalah upaya yang bisa dilakukan supaya mampu membuat buah naga bisa berbuah dengan cepat.Maka dari itu, penting bagi setiap petani untuk melakukan sebuah cara untuk membuat buah naga bisa tumbuh tanpa mengenal musim. Karena kebutuhan akan buah naga yang semakin hari semakin meningkat, tentulah harus bisa diimbangi juga dengan produksi buah naga yang melimpah.
Menambahkan Media Penerangan
Perlu untuk diketahui bahwa tanaman buah naga sangat cocok dengan penyinaran yang maksimal, hal ini didasarkan dari sebuah penelitian yang mana lamanya sebuah penyinaran matahari sangat berpengaruh terhadap proses fisiologis tanaman.
Hal ini juga didasari sebagai mana di negara asalnya meksiko sinar matahari mampu menyinari sampai 13 jam, sedangkan di indonesia maksimal 12 jam dan di daerah jawa sampai 11 jam saja per hari. Maka dari itu untuk hasil dari buah naga sama seperti di negara asalnya maka harus melakukan penambahan penyinaran.
Penyinaran dengan lampu bisa dijadikan alternatif, yang mana untuk sama dengan negara asalnya berarti memerlukan 2 jam lagi penyinaran dan maksimalnya 4 jam. Perlu diperhatikan juga bahwa bila terlalu lama diberi penyinaran akan membuat proses pembungaan akan sangat sulit, maka cukup 2 sampai 4 jam saja maksimalnya.
Melakukan Proses Pemupukan Buah Naga
Untuk berbagai jenis tanaman, proses pemupukan tentulah hal yang paling penting untuk bisa meningkatkan hasil produksi panen. Karena dengan proses pemupukan, pasokan nutrisi bisa memadai untuk tambahan energi tinggi saat berbuah. Adapun cara pemupukan nya bisa melakukan cara sebagai berikut :
  • Anda bisa memberi pupuk kompos baik itu kotoran ayam, sapi ataupun kambing pada tanaman buah naga
  • Untuk pemberiannya diberi pada setiap bulan sekitar 500 gram untuk setiap tiang
  • Anda juga bisa menambahkan kotoran sapi sebanyak 500 gram setiap tiang pada setiap bulan.
  • Apabila anda hendak menambahkan pupuk NPK. Maka berikan dosis 500 gram untuk setiap tiangnya dan berikan 3 pekan sekali
Membantu Prose Penyerbukan
Salah satu cara yang sangat membantu agar buah naga cepat berbuah adalah dengan membantu proses penyerbukan. Hal ini dikarenakan, apabila mengandalkan serangga maka proses penyerbukannya bisa lama dan tingkat keberhasilannya bisa dibawah 50 % saja.
Hal tersebut disebabkan bunga buah naga mekarnya pada malam hari yang membuat serangga yang membantu penyerbukan jarang bisa beroperasi di malam hari.
Maka dari itu, anda haruslah mencoba membantu penyerbukannya secara manual supaya hasil dari pembuahannya bisa sukses atau lebih dari 85 % tingkat keberhasilannya.
Adapun untuk melakukan sebuah proses penyerbukan secara manual, anda bisa melakukan langkahnya dengan menggunakan media cotton bud untuk membantu proses reproduksi putik dan benang pada saat  malam hari. 
Melakukan Penyiraman
Untuk melakukan proses penyiraman, maka langkah awalnya anda harus memperhatikan dahulu bunga dari tanaman naga nya, apabila buah naga mulai berbunga maka lakukanlah prose penyiraman.
Pastikan selalu jumlah dari takaran airnya cukup untuk mengantisipasi kerontokan pada bunga. Pastikan penyiraman rutin dilakukan setiap hari di saat pagi hari dan ketika sore hari, sampai dengan masa panen tiba.
Penyiraman yang baik adalah dimana anda menyiraminya dengan memperhatikan kondisi tanam dari tanamannya agar tidak terlalu menggenang, selain itu anda juga harus memperhatikan agar air tidak terciprat ke bagian bunga supaya tidak menyebabkan rontok.
Strategi Menentukan Pembuahan
Untuk mendapatkan hasil jual yang tinggi, maka sebuah langkah untuk bisa panen di luar musim terus diupayakan. Salah satunya dengan membantu untuk merontokkan bunga supaya proses pembuahan bisa diatur.
Hal tersebut merupakan langkah strategi untuk bisa membuat buah naga bisa berbuah sesuai dengan musim tertentu yang ingin di tentukan.
Adapun proses penundaan ini bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut :
  • Apabila bunga muncul anda bisa menunda pembuahan dengan memberikan pupuk berkadar N tinggi. Jenis pupuk tersebut bisa semacam Urea dan diberi dosis 20 gram saja untuk setiap tanaman
  • Campurkan sebuah larutan hormon perangsang akar dan juga mapikuat masing-masing 1 gram pada 10 liter air
  • Lanjutkan dengan menyemprotkan nya pada buna tanaman naga
Adapun cara lainnya juga bisa dilakukan dengan cara berikut
  • Pastikan anda memberikan 20 gram pupuk dengan nilai N tinggi namun dengan K rendah dengan tidak disertai dengan fosfor
  • Pastikan untuk diberikan 2 bulan sebelum tanaman berbunga
  • Pastikan anda di minggu selanjutnya melakukan penyemprotan GA 3 dengan takaran sekitar 20 ppm.
  • Lakukan penyemprotan seminggu sekali untuk satu bulan
  • Pastikan untuk menghentikan penyemprotan apabila anda sudah melihat kuntum bunga lamban dan tidak tumbuh kembali
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Advertisement here
Advertisement here
Advertisement here
Advertisement here