Advertisement here

Cara Menanam Bunga Forget Me Not di Pot

Bunga forget me not, mungkin bukan merupakan bunga yangs sedang hits saat ini. Namun, bunga yang dikenal sebagai bunga old school ini, tetap banyak diminati dan di tanam oleh para hobis dan pecinta tanaman hias.
Bunga ini, merupakan tanaman billenial yakni tanaman yang akan mati pada tahun kedua setelah tanam. Meskipun begitu keindahan bunga tanaman ini selalu menarik perhatian. Dengan warna bunga yang relatif lembut seperti  pink, putih dan biru. Bunga forget me not menjadi salah satu tanaman populer yang yang tahan banting dan dapat tumbuh pada kondisi yang sulit. Karena ini lah, mengapa bunga ini merupakan jenis tanaman hias yang wajib ditanam dan menjadi koleksi tanamn hias bagi anda.
Bagi sebagian orang, mungkin nama yang disematkan pada bunga ini sedikit unik dan terkesan aneh. Namun, ternyata nama ini sangat sarat akan makna dan legenda. Menurut sejarahnya, ketika tuhan menciptakan alam semesta lalu kemudian menciptakan semua jenis bunga indah.
Pada saat itu juga, tuhan telah menyiapkan nama untuk setiap bunga yang ia ciptakan. Lalu, setelah semua bunga dinamai kemudian ada satu bunga kecil nan indah yang tumbuh di bawah semak semak bunga mawar yang belum di panggil.
Kemudian yang lain berseru dan berkata “forget me not my lord, forget me not“. Lalu kemudian tuhan menjawab “Then shall it be your name“. Maka sejak saat itu, bunga kecil tersebut di namai dengan bunga forget me not. Bunga ini juga melambangkam kesetian cinta , sehingga sangat cocok untuk memberikan bunga ini kepada pasangan anda. Jika anda berminat menambah koleksi tanaman hias anda dengan menanam bunga ini. Maka kami telah merangkum 5 cara menanam bunga forget me not di dalam pot. Simak selengkapnya.
1. Menyiapkan Benih Tanaman
Benih tanaman ini, berasal dari biji. Anda bisa mendapatkannya fengan membeli di toko bibit tanaman hias yang ada di kota anda.
Atau untuk kemudahan dan kepraktisan anda bisa memesannya melalui situs online yang menjual berbagai jenis bibit tanaman. Tentu tidak sulit untuk menemukan seller terpercaya dengan review yang baik. Pilih benih yang bersertifikat dan berkualitas baik. Untuk itu anda harus menanyakan informasi detailnya kepada seller.
Kemudian, jangan lupa untuk memperhatikan lokasi penyimpanan benih. Karena penyimpanan yang salah, akan merusak kualitas benih dan menurunkan daya tumbuh benih. Biasanya benih biji di simpan di tempat yang sejuk, seperti di letakkan di dalam rak lemari es yang terpisah.

2. Menyemai Benih
Sama seperti menumbujkan tanaman dari biji, bunga forget me not juga harus di semai terlebih dahulu. Hal ini, agar tanaman dapat tumbuh dengan seragam. Serta tanaman akan mudah beradaptasi saat dipindahkan kedalam pot. Berikut tahapan menyemai bunga forget me not dengan mudah.
  • Sebelum disemai disarankan agar benih di rendam selama semalam.
  • Dari hasil perendaman jika ada benih yang mengapung maka sebaiknya di buang, hanya gunakan benih yang tenggelam di bawah permukaan air.
  • Untuk menyemainya, anda bisa menggunakan plastik polibag, atau menyemainya dalam tray semai.
  • Isikan campuran media tanam berupa tanah halus dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1.
  • Setelah itu buat lubang tanam sedalam 0,5 cm, jangan terlalu dalam karena biji bunga ini sangat kecil. Jika terlalu dalam maka akan sulit untuk berkecambah.
  • Letakkan bibit semai di lokasi yang teduh, dan lakukan penyiraman dan pemeliharaan rutin hingga bibit siap dipindahkan ke pot. 
3. Menanam Bibit Tanaman Ke Dalam Pot
Setelah bibit tanaman memiliki 3-4 helai daun sejati, maka saat itu tanaman siap dipindahkan ke pot individu. Seperti yang telah di jelaskan sebelumnya bahwa tanaman ini merupakan tanaman billenial, maka disarankan waktu tanam adalah pada bulan agustus.
Berikut cara menanam bunga forget me not kedalam pot.
  • Direkomendasikan untuk menggunakan pot berbahan genteng agar lebih terkesan indah.
  • Media tanam yang digunakan merupakan campuran media tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1.
  • Isikan media tanam dengan padat kedalam pot tanam, pada bagian dasar anda bisa menambahkan pecahan batu bata untuk membantu pengeluaran air sisa penyiraman.
  • Buat lubang tanam, kemudian tanamkan bibit semai kedalam pot, tutup lubang tanam hingga rata.
  • Letakan pot pada tempat yang bisa terkena cahaya matahari penuh, atau anda juga bisa mengantungnya di dinding atau atap teras rumah.
4. Pemeliharaan dan Perawatan
Hal yang tak bisa dilewatkan dan menjadi kewajiban anda tentunya adalah melakukan pemeliharaan dan perawatan tanaman. Pada dasarnya tanaman ini tidak membutuhkan perawatan khusus. Anda hanya perlu melakukan perawatan mendasar seperti dibawah ini :
  • Penyiraman
Tanaman ini menyukai tanah yang agak lembab, namun dapat bertahan pada kondisi media yang cukup kering. Oleh karena itu,  tentu anda tidak perlu melakukan penyiraman terus menerus. Cukup siram sebanyak satu kali dalam sehari. Atau saat kondisi media benar benar kering.
  • Pemupukan
Pada dasarnya tidak dipupuk pun tanaman ini tetap akan dapat tumbuh. Namun, jika ingin membuat tanaman tumbuh subur dan berbunga lebat. Anda dapat memupuknya setiap sebulan sekali dengan pupuk NPK slow release. Atau anda juga bisa menambahkan pupuk kandang ke media tanam.
  • Pemangkasan
Pemangkasan dilakukan pada dahan dan daun yang mati. Hal ini dapat membantu untuk memicu tumbuhnya tunas baru sehingga tentu bunga yang dihasilkan dapat lebih lebat lagi. Lakukan pemangkasan secara rutin untuk membuang bagian tanaman yang mati dan mengering.
  • Pengendalian HPT 
Bunga forget me not dikenal sangat tahan terhadap serangan hama dan penyakit. Sehingga tentu tidak perlu mengkhawatirkan akan adanya serangan HPT. Tetapi jika ingin berjaga jaga dan melakukan pencegahan, maka anda bisa menyemprotkan pestisida setiap 3 bulan sekali.

5. Bunga Forget Me Not Mulai Berbunga 
Bunga forget me not memiliki karakter dimana ia akan berbunga pada musim panas dan gugur pada musim penghujan. Sehingga dianjurkan untuk menanamnya pada musim panas. Bunganya juga mampu bertahan lama, sehingga dapat dinikmati keindahannya dalam waktu yang relatif lama.
Jika digunakan sebagai bunga potong, bunganya dapat bertahan selama 4 hari di perjalanan. Tentu saja menjadi umur bunga potong terlama, karena bunga seperti mawar, tulip dan lily saja hanya mampu bertahan maksimal selama dua hari. Untuk memperpanjang masa berbunganya maka perawatan dan pemeliharaan rutin harus terus anda lakukan.
5 cara menanam bunga forget me not di dalam pot. Dapat menjadi referensi bagi anda untuk menanam tanaman ini di rumah. Dengan keunikannya serta keindahannya tentu akan semakin mempercantik tampilan hunian anda. Terlebih lagi anda juga bisa membuka peluang untuk menjadikan tanaman ini sebagai peluang bisnis yang menjanjikan. Satu pot bunga forget me not di bandrol dengan harga yang cukup tinggi. Bagaimana? Layak untuk dicoba bukan. Selamat mencoba, semoga artikel ini dapat membantu.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Advertisement here
Advertisement here
Advertisement here
Advertisement here