Advertisement here

Ini Cara Mendapatkan Uang Dari Facebook, Jangan Keliru Ya!

Situs media sosial #Facebook adalah salah satu media sosial yang sangat banyak digunakan untuk kegiatan berbisnis online, bahkan situs ini menjadi salah satu media promosi yang sangat efektif bagi internet marketer. Belakangan ini topik tentang cara mendapatkan uang dari Facebook menjadi sebuah topik yang banyak sekali dibicarakan para pengguna internet. Beberapa dari antara kita mungkin masih bingung, masa sih dari Facebook bisa menghasilkan uang? Apa benar Facebook memberikan uang kepada para user-nya?
Jika selama ini Anda berpikir bahwa Facebook sendiri yang memberikan uang kepada para user mereka, maka Anda sudah keliru. Yang dimaksud dengan menghasilkan uang dari Facebook adalah menggunakan situs media sosial ini untuk berbisnis. Jadi, bukan Facebook-nya yang memberikan uang, tapi kita bisa memanfaatkan Facebook untuk membangun sebuah bisnis yang akhirnya bisa menghasilkan uang. Sampai di sini para pemula pasti masih bingung, caranya bagaimana?

Anda yang sudah lama terjun di #internet marketing pasti akan bosan membaca artikel ini. Tapi bila Anda bukan dari kalangan internet marketer atau Anda masih baru belajar membangun sebuah bisnis online, silahkan baca terus artikel ini. Mungkin Anda akan mendapatkan sesuatu yang bermanfaat.
Sepanjang pengalaman saya selama menjadi internet marketer dan menggunakan Facebook sebagai media pemasaran, setidaknya ada 2 cara memanfaatkan Facebook untuk mendapatkan keuntungan. Sebenarnya saya tidak bisa dibilang ahli pada kedua hal tersebut, tapi saya melihat dan belajar bahwa Facebook itu adalah media yang sangat efektif untuk pemasaran online dan menghasilkan uang. Berikut ini Saya jelaskan mengenai 2 cara mendapatkan uang dari Facebook yang sering dilakukan oleh internet marketer.

1. Mendapatkan Uang dari Facebook Dengan Menjual Produk

Apakah Anda punya bisnis offline tapi bingung mencari tempat yang strategis untuk memasarkan produk-produk Anda? Punya toko online tapi minim visitor dan jarang terjadi penjualan? Apakah saat ini Anda tidak punya bisnis, tapi punya semangat ingin membangun usaha dengan modal minim? Jika salah satu diantaranya adalah masalah Anda, maka sudah saatnya untuk mencoba memanfaatkan media sosial dengan lebih baik dari sebelumnya.
1.A. Pemasaran Produk Fisik
Anda pasti pernah melihat gambar-gambar produk fisik ataupun link menuju website toko online bertebaran di Facebook. Diantara gambar dan links tersebut pasti sering Anda temukan di timeline teman Facebook Anda atau di halaman Fans Page sebuah brand bisnis. Sebut saja produk-produk tersebut misalnya; busana muslim, buku, kosmetik, sofa, dan lain-lain.

Mereka menjual produk-produk tersebut secara online via Facebook. Kenapa Facebook? Karena media sosial yang satu ini penggunanya sangat banyak dan tingkat aktivitas para penggunanya juga sangat tinggi. Anda paham kan, di dalam dunia bisnis di mana ada keramaian maka di situ Anda bisa menghasilkan uang banyak. Jadi, Anda tidak perlu heran lagi bagaimana cara mendapatkan uang dari Facebook, tentu saja dengan menjual sesuatu di sana.

1.B. Pemasaran Produk Digital
Selain produk fisik, kita juga pasti sering melihat produk-produk digital dijual atau dipasarkan di Facebook. Produk digital ini bisa berupa eBook, membership online, video, lagu, dan lainnya. Cara pemasaran produk digital bisa berupa image produk dan link menuju halaman sales page, biasanya dipasarkan oleh para internet marketer profesional ataupun sebuah brand bisnis.
Produk digital ini bisa juga diberikan secara gratis kepada para pengguna Facebook, cukup dengan memasukkan nama dan alamat email mereka maka eBook akan dikirimkan ke email. Dengan cara ini para Facebook marketer akan mendapatkan data para pengguna Facebook (nama dan email), data inilah yang nantinya akan dimanfaatkan untuk menjual produk digital lainnya. Proses seperti ini biasanya tujuannya tidak langsung menjual, tapi membangun list email customer sesuai dengan minat, mengedukasi customer tersebut, memberikan informasi penting, sampai pada akhirnya customer ‘dirayu’ terus-menerus untuk membeli sesuatu. Dan, tentu saja tujuan akhirnya adalah menghasilkan uang yang lebih besar.

2. Mendapatkan Uang dari Facebook Dengan Menjual Jasa

Biasanya para pebisnis online memanfaatkan fans page sebagai media pemasaran di Facebook. Dan ternyata tidak semua pemilik Fans Page Facebook bisa memanfaatkan halaman fans page mereka dengan maksimal. Seperti yang kita ketahui, pemilik fans page bisa memasang iklan di Facebook (FB Ads) untuk menjangkau lebih banyak orang di Facebook. Namun, kurangnya pengetahuan tentang cara meningkatkan fans base dan strategi beriklan di Facebook seringkali membuat para pebisnis tidak bisa memaksimalkan Facebook. Dan ini memberikan peluang bisnis tersendiri bagi mereka yang punya keahlian khusus di bidang Facebook marketing.

2.A. Jasa Menambah Fans Base (Likes)
Beberapa orang memang memiliki keahlian dalam pemasaran via Facebook, khususnya untuk menambah like fans page. Tentunya ini membutuhkan strategi khusus dan tools mumpuni yang tidak dimiliki oleh semua orang. Terus terang saya belum pernah menjual jasa seperti ini dan tidak tahu persis bagaimana strategi mereka melakukannya, tapi saat ini saya menemukan cukup banyak teman-teman yang menjual jasa menambah likes Facebook.
Biaya untuk jasa menambah likes Fans Page Facebook berkisar antara Rp 350.000 – Rp 6 juta lebih, tergantung jumlah likers yang diinginkan dan juga target likers yang diinginkan oleh si pembeli jasa. Uniknya, para penyedia jasa ini meng-klaim bahwa mereka juga bisa menarget fans baru dengan minat yang sesuai dengan topik bisnis Anda, hebat ya.
2.B. Jasa Mengelola Fans Page Bisnis
Biasanya para pebisnis lebih fokus pada operasional bisnis mereka. Walaupun sebuah brand bisnis sudah berada di Facebook, bukan berarti hal itu sudah cukup. Pemasaran bisnis di media sosial harus dilakukan dengan baik dan secara berkesinambungan. Dengan kata lain, pengelolaan Fans Page Bisnis memang membutuhkan perhatian khusus dari mereka yang punya keahlian di bidangnya.
Menurut beberapa kenalan saya yang pernah menjadi pengelola Fans Page sebuah brand Bisnis di Facebook, fee untuk mengelola fans page tersebut berkisar antara Rp 2 juta – Rp 5 juta per bulan per fans page. Tugas pengelola fans page tersebut adalah memposting atau mengupdate berita/ informasi yang berhubungan dengan sebuah brand bisnis di halaman fans page, mempromosikan fans page tersebut ke pengguna Facebook yang lain, dan mengelola komentar dari fans yang masuk. Walaupun jasa ini terkesan mudah, pada kenyataannya kita harus memiliki keahlian di bidang komunikasi dan pemasaran online.

2.C. Jasa Pemasangan Iklan di Facebook
Percaya atau tidak, jasa pemasangan iklan di Facebook sudah menjadi salah satu bisnis yang mulai banyak dilakoni oleh para pengguna Facebook. Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, tidak semua orang mengerti dan bisa memasang iklan di Facebook. Orang yang bisa beriklan di Facebook adalah mereka yang memiliki kriteria tertentu, yaitu bisa membayar iklan dengan metode pembayaran yang telah ditentukan oleh pihak Facebook.
Beberapa metode pembayaran Facebook Ads diantaranya; Paypal, Credit Card (recommended), dan Neteller. Dari ketiga metode pembayaran tersebut, pembayaran iklan via Credit Card adalah yang saya gunakan. Terus terang saya kurang tahu mengenai standard biaya untuk jasa pemasangan iklan di Facebook ini. Tapi beberapa orang yang pernah menggunakan jasa saya membayar Rp 300.000 untuk biaya pemasangan iklan, dimana besar budget iklan mereka adalah Rp 1 juta selama 7 hari. Jadi, mereka membayar sebesar Rp 1,3 juta ke saya (Rp 1 juta untuk budget iklan, dan Rp 300 ribu untuk jasa). Ingin mendapatkan uang dari Facebook dengan cara ini? Anda harus memenuhi persyaratan terlebih dahulu.

Selain yang saya sebutkan di atas, mungkin saja masih ada metode lain yang pernah dilakukan orang untuk mendapatkan uang dari Facebook. Poin penting yang ingin saya sampaikan di dalam artikel ini adalah media sosial Facebook memang sangat efektif untuk melakukan pemasaran. Apapun tujuan pemasaran Anda di Facebook, baik itu untuk penjualan produk, branding bisnis, membangun data base customer, atau yang lainnya, pastikan Anda melakukannya dengan baik. Jangan pernah melakukan cara-cara tidak etis dan mengganggu orang lain, misalnya SPAM, karena hal-hal semacam ini akan merusak bisnis Anda sendiri. Semoga artikel ini bermanfaat.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Advertisement here
Advertisement here
Advertisement here
Advertisement here