Advertisement here

Sebutkan faktor-faktor yang memengaruhi iklim tropis di Indonesia

Angin
Angin meupakan tekanan udara yang bergerak dari daerah ke daerah yang lebih rendah. Angin yang termasuk faktor serta unsur dari perubahan iklim di suatu wilayah.

Kelembapan Udara dan Awan
Massa dari udara hanya macam-macam gas yang terdiri dari kandungan yang berbeda-beda pula. Banyak dari uap di dalam massa udara ini yang dikenal dengan kelembapan. Adanya alat ukur untuk kelembapan udara yaitu Higrometer.

Curah Hujan
Adanya hujan yaitu karena adanya kandungan dari dalam awan yang semakin lama akan tinggi, sehingga jika awan tersebut tidak mampu menampung titil-titik tersebut makan akan dijatuhkan titik-titik itu ke permukaan bumi yang dinamakan hujan.

Daerah Pegunungan/Dataran Tinggi
Dataran tinggi juga merupakan salah satu dari 10 faktor yang mempengaruhi iklim. Iklim di pegunungan lebih dingin karena pada saat posisi lintang yang sama.

Arus Laut
Arus laut merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi perubahan iklim di di daerah pesisir tentunya. Umumnya daerah pesisir memiliki iklim yang basah daripada daratan, karena adanya angin yang bertiup ke laut seringkali lembab daripada yang ke daratan.

Luas Pada Wilayah Perairan
Luas wilayah pada suatu perairan juga berpengaruh pada iklim, yang menyebabkan daerah pesisir lebih dingin pada musim hangat dan lebih hangat jika di musim dingin.

Perkotaan
Adanya jalan raya, gedung-gedung atu bangunan yang menjulang tinggi yang menyebabkan polusi dan suhu udara di perkotaan menjadi panas. Sehingga suhu panas ini terjebak pada polusi udara yang menjadi faktor perubahan iklim



Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Advertisement here
Advertisement here
Advertisement here
Advertisement here