Advertisement here

Sebutkan usaha-usaha dalam memelihara sungai

Usaha-usaha memelihara sungai adalah:

Menanam pohon di sekitar sungai
Penanaman pohon pada daerah aliran sungai sangat bermanfaat karena akar-akar pohon tersebut dapat menahan air yang meluap pada saat musim hujan tiba dan dapat menyimpan cadangan air sehingga pada saat musim kemarau tidak mengalami kekeringan.

Tidak membuang sampah disekitar DAS
Pembuangan sampah yang dilakukan di sungai tersebut dapat mencemari air sungai yang akan mengganggu ekosistem perairan di sana, serta sampah-sampah tersebut dapat mengendap didalam sungai yang dapat mengakibatkan banjir.

Tidak menambang pasir di daerah aliran sungai
Penambangan pasir yang di lakukan di sekitar DAS yang di lakukan secara terus menerus dapat mengakibatkan pendangkalan sungai, pendangkalan tersebut akan mengakibatkan banjir serta tanah longsor.

Jangan menggunakan sungai sebagai sarana buangan seperti toilet (buang air kecil dan besar) dan jangan mencuci di sungai
Kebiasaan orang-orang yang membuang kotoran dan mencuci di sungai sangatlah berbahaya bagi kualitas sungai tersebut, kotoran dan limbah deterjen dapat merusak Ph air dan membuat air sungai menjadi bibit penyakit.

Tidak menangkap ikan dengan bahan kimia, sengat listrik, pukat harimau, dan alat yang membahayakan.
Penangkapan ikan di sungai dengan bahan kimia, sengat listrik atau alat lainnya sangat berbahaya untuk benih-benih ikan yang masih kecil. Hal tersebut mempengaruhi ekosistem sungai, ikan yang seharusnya belum siap untuk di tangkap justru mati karena kesalahan penggunaan peralatan tangkap.



Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Advertisement here
Advertisement here
Advertisement here
Advertisement here