Apa makna yang dikandung dalam penggunaan bahasa belanda dalam kepanjangan INS (INS Kayutanam)?

makna yang dikandung dalam penggunaaan bahasa Belanda dalam kepanjangan INS (INS kayutanam) adalah:

Pembahasan
Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Belanda, INS atau Indonesisch Nederlansche School adalah Sekolah Indonesia yang didirikan pada masa pendudukan Belanda. Lebih lengkapnya, Sekolah INS Kayutanam adalah sekolah yang didirikan sudah ada sejak zaman Belanda, namun sistem pendidikan yang tidak diambil dari sistem pendidikan Belanda, melainkan eksklusif atau berdiri sendiri, yang terletak di Kayu Tanam, Padang Pariaman, Sumatera Barat. 

Sekolah pada masa pendudukan Belanda tidak lain ditujukan untuk mencetak para pegawai murah yang ditempatkan di instansi kolonial Belanda. Di samping itu,  sekolah pada masa itu menggunakan bahasa Belanda sebagai salah satu bahasa pengantar dan mengajarkan pelajaran contohnya belajar sejarah yang tidak berdasarkan sejarah dari perspektif orang Indonesia atau Indonesia Sentris. 

INS Kayutanam sendiri didirikan untuk mendirikan sekolah yang melawan sistem pendidikan barat (Belanda) yang mencetak muridnya sebagai pegawai rendahan yang akan ditempatkan di instansi pemerintah Belanda. Reaksi-reaksi INS Kayutanam ini terlihat pada beberapa hal seperti: 

1. Meniadakan bahasa Belanda sebagai mata pelajaran sekolah, namun mempelajari bahasa asing lain seperti bahasa inggris, bahasa Jerman dan bahasa Perancis

2. Mengajarkan sejarah yang Indonesiasentris atau membuang kurikulum pembelajaran sejaah yang nederlando-sentris atau menurut perspektif Belanda, 

3. Mengajakan keterampilan yang kurang dibutuhkan sebagai pegawai kolonial seperti menggambar, kerajinan tangan atau seni kriya dan seni musik.

Jadi, Makna INS dalam INS Kayutanam adalah sekolah kejuruan dengan kurikulum Inovatif yang berdiri sejak penajajahan Belanda, yang bertujuan untuk mendidik para murid agar dapat menyesuaikan pendidikannya dengan kebutuhan rakyat Indonesia dan bukan untuk kebutuhan pekerja kolonial Belanda.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Advertisement here
Advertisement here
Advertisement here
Advertisement here