Advertisement here

Jelaskan nilai-nilai dalam demokrasi yang dikeluarkan oleh Henry B. Mayo!

Nilai-nilai demokrasi dibutuhkan untuk menjadi landasan atau pedoman berperilaku dalam negara demokrasi. Henry B. Mayo mengklasifikasikan 8 nilai demokrasi, yaitu:
1. Pengakuan penghormatan atas kebebasan. Demokrasi sangat mendukung kebebasan yang terbatas.
2. Pemajuan ilmu pengetahuan. Ilmu pengetahuan dan hasil-hasilnya mempunyai nilai, suatu asumsi yang sekarang ini sukar dibantah. Melakukan pekerjaan ilmiah memerlukan adanya masyarakat yang bebas dak akhirnya menghendaki kebebasan politik dan demokrasi.
3. Penegakan keadilan. Menegakkan keadilan seringkali dianggap sebagai inti moralitas politik dan mempertahankan demokrasi atas dasar ini tentu berbunyi demokrasi adalah sistim terbaik untuk menegakkan keadilan.
4. Pengakuan dan penghormatan terhadap keanekaragaman. Demokrasi mengakui bahwa keanekaragaman itu ada dan menganggap sah kalau terdapat pendapat atas kepentingan yang berlain-lainan.
5. Penggunaan paksaan sesedikit mungkin. Gagasan kepatuhan sukarela yang diberikan dengan tidak berlebihan, dengan bebas dan tidak mutlak, akan sesuai juga dengan gagasan mendisiplinkan diri, rasa tanggung jawab dan lain gagasan lainnya.
6. Pergantian penguasan secara teratur. Yaitu mencari pengganti yang sah dari penguasa yang sedang berkuasa secara damai.
7. Penjaminan perubahan secara damai dalam masyarakat dinamis. Metode politik demokrasi seperti fleksibilitas, kepekaan terhadap pendapat umum, pengaruh kepemimpinan, keterbukaan dalam pendapat-pendapat yang berbeda, semua hal ini dapat menjamin penyesuaian diri secara politis terhadap pendapat-pendapat yang berbeda.
8. Penyelesaian pertikaian secara damai dan sukarela. Demokrasi mengadakan suatu cara yang unik untuk menyelesaikan pertikaian secara damai, menegakkan ketertiban umum dan membuat kebijaksanaan-kebijaksanaan umum dengan fungsi komprominya.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Advertisement here
Advertisement here
Advertisement here
Advertisement here