Pada dasarnya ada masyarakat yang bersikap conformity dan deviation dalam menghadapi perubahan. Jelaskan dua sikap tersebut!

Conformity berati proses penyesuaian diri dengan masyarakat dengan cara mengindahkan kaidah dan nilai-nilai dalam masyarakat. Sebaliknya deviationadalah penyimpangan terhadap kaidah dan nilai-nilai dalam masyarakat. Kaidah yang timbul dalam masyarakat karena diperlukan sebagai pengatur hubungan antara seseorang dengan orang lain, atau antara seseorang dengan masyarakatnya.

Deviation atau penyimpangan dalam masyarakat tradisional yang relatif statis tidak akan disukai. Penimpangan terhadap kaidah-kaidah dalam masyarakat yang tradisional memerlukan suatu keberanian dan kebijaksanaan tersendiri. Nilai-nilai budaya akan berfungsi sebagai pedoman dan pendorong prilaku manusia didalam hidupnya, jadi prilaku menyimpang akan terjadi apabila manusia mempunyai kecendrungan untuk lebih mementingkan suatu nilai sosial budaya dari pada kaidah-kaidah yang ada untuk mencapai cita-cita.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Advertisement here
Advertisement here
Advertisement here
Advertisement here