Advertisement here

Sebutkan fungsi pasar valuta asing!

1. Alat tukar Internasional
Pasar valuta asing sangat berperan dalam membantu pertukaran uang. Misalnya, ketika Indonesia mengimport gandum, pasti pembayaran dilakukan dengan dollat. Pasar valuta asing lah yang akan menjadi perantara dalam penukaran uang tersebut.

2. Alat Pembayaran Internasional
Kaitannya dengan kerjasama negara lain. Pembayaran juga menggunakan dollar, misalnya ketika negara memiliki hutang dengan negara lain, tentu saja cicilan hutang dan bunganya dibayarkan dalam bentuk mata uang negara tersebut. Dengan begitu, pasar valuta asing menjadi perantara dalam proses pembayaran internasional.

3. Alat Pengendali Kurs
Kurs merupakan perbandingan antara mata uang suatu negara dengan negara lain. Tidak dipungkiri bahwa setiap negara pasti mengalami penguatan atau pelemahan mata uang. Valuta asing dapat mengendalikan kurs mata uang sendiri dari mata uang negara asing.

4. Alat Memperlancar Perdagangan Internasional
Inilah salah satu hal yang penting dalam dunia perekonomian, terutama perdaganga. Pada dasarnya, perdagangan merupakan kegiatan negara yang terus dilakukan. Untuk itu, adanya pasar valuta asing, perdagangan dapat berjalan dengan lancar tanpa harus mempermasalahkan pembayaran. Proses perdagangan uang dapat dilakukan pada bank-bank setiap negara. Selain berperan dalam penukaran mata uang, valuta asing juga dapat memperlancar perdagangan dengan cara jual beli barang atau sistem barter.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Advertisement here
Advertisement here
Advertisement here
Advertisement here