90 Persen Pelayanan Publik Batam Diurus Secara Digital



SEBARIN.INFO, Batam, - Pelayanan publik yang tersedia di Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) sebagian besar sudah dapat diurus melalui digitalisasi.

"Kalau di prosentase jumlahnya mencapai 90 persen layanan publik yang dapat diakses melalui dunia maya," kata Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Pemerintah Kota Batam Firmansyah kepada InfoPublik pada Rabu (17/7).

Saat ini tercatat pihak pemerintah Kota Batam memiliki 72 layanan publik di MPP. Sebanyaknya 69 buah layanan publik yang dapat dilayani melalui sistem pengawasan berbasis teknologi.

"69 layanan publik sudah bisa diurus melalui sistem teknologi berbasis online," imbuhnya.

Sedangkan, dua pelayanan publik yang belum menerapkan kepengurusan berbasis dengan teknologi yakni perizinan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan Izin pengelolaan tambang nikel. Keduanya membutuhkan mekanisme tersendiri dalam memberikan pelayanan publik.

Tergetnya, dalam beberapa bulan kedepan bisa membuat seluruh pelayanan publik dapat diurus melalui sistem berbasis internet. "Kami melakukan serangkaian koordinasi untuk segera wujudkan hal diatas," pungkasnya. (InfoPublik.id)