Anies Dukung Lebaran Betawi 2019 di Lapangan Monas



SEBARIN.INFO, Jakarta, - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mendukung Lebaran Betawi 2019 di gelar di lapangan Monas, Jakarta Pusat. Ini sebagai respon permintaan Ketua Umum Badan Musyarawah (Bamus)  Betawi, Abraham Lunggana atau Lulung menggunakan Monas untuk menyelanggarakan Lebaran Betawi 2019.

“Karena itu, ketika muncul permintaan waktu Pak Haji Lulung menyampaikan, saya bukan hanya menyambut baik, kita dukung agar Monas bisa menjadi tempat untuk kegiatan Lebaran Betawi,” kata Anies saat memberikan sambutan pada acara Lebaran Betawi, di Monas, Jakarta Pusat, Minggu (21/7).

Disebutkan, Lebaran Betawi 2019, merupakan Lebaran pertama yang diselenggarakan di Lapangan Monas, 19 - 21 Juli 2019.  Menurutnya, Lapangan Monas yang dulu dikenal  lapangan Ikada memiliki sejarah tersendiri bagi masyarakat Betawi.

Lapangan Monas dalam era kemerdekaan Indonesia, kata Anies, sebagai tempat pertemuan Ikada, dan adanya peran masyarakat Betawi dalam kemerdekaan Indonesia.

“Kaum elite bilang, kemerdekaan bukan kemauan rakyat, lalu apa yang terjadi, masyarakat Betawi berbondong-bondong ke lapangan ini, ingin menunjukkan kepada dunia, bahwa kemerdekaan adalah bukan kemauan sekelompok orang kecil. Kemerdekaan adalah kemauan seluruh rakyat, dan siapa itu, masyarakat Betawi yang melakukan di tempat ini, masyarakat Betawi berkumpul yang kita kenal dengan pertemuan Ikada,” paparnya.

Menurut Anies, kehadiran masyarakat Betawi di lapangan Monas saat itu, mengirimkan pesan ke seluruh dunia, bahwa Indonesia merdeka, bukan cita-cita kelompok kecil, tapi Indonesia merdeka adalah cita-cita seluruh rakyat Indonesia.

Ia menambahkan, Pemprov DKI Jakarta akan terus mendukung berbagai kegiatan yang dilakukan oleh Bamus Betawi dalam menjaga silaturahmi  dan persatuan warga Betawi dengan warga DKI Jakarta, salah satunya melalui Lebaran Betawi.

Diharapkan, Bamus Betawi dapat berkembang dan mengembangkan masyarakat Betawi, serta kebudayaan Betawi agar dapat tumbuh berkembang di kota Jakarta. Anies mengimbau, agar dalam penyelenggaraan Lebaran Betawi di Monas, baik pihak penyelenggara maupun masyarakat tetap menjaga ketertiban dan kebersihan.

“Mari tunjukkan kepada semua, bahwa masyarakat Betawi yang berkumpul di sini itu tertib. Tunjukkan pada dunia, bahwa masyarakat yang berkumpul di sini bisa menjaga kebersihan. Tunjukkan itu, sehingga mereka akan menyaksikan, bahwa Lebaran Betawi bukan hanya meriah, tetapi juga tertib, aman, dan damai.

Di samping itu, Anies juga menyampaikan, masyarakat Betawi  menjadi simpul penyatu persatuan, di kota inilah  cita-cita bangsa Indonesia dikumandangkan,  pada saat itu 28 Oktober 1928, dimana di Jakarta, ketika  bangsa Indonesia mendeklarasikan Indonesia merdeka, dilakukan di Jakarta.

Kota ini, telah menjadi  kota, dimana persatuan Indonesia dirajut, masyarakatnya menyambut kedatangan  suku bangsa nusantara,  dan keramahan, kehangatan,  sehingga terasa hidup satu Indonesia.  “Dimana peran besar masyarakat Betawi,  menjadi fasilitator, tumbuhnya persatuan Indonesia.  Keterbukaan, kesataraan,  semangat egaliter,  yang ada pada masyarakat Betawi,  telah memungkinkan,  untuk seluruh suku bangsa  Indonesia ini,  bersatu padu, timbulnya juga di Jakarta,” paparnya.

“Karena itu, ijinkan kami atas nama  seluruh masyarakat Jakarta, dan Indonesia  menyampaikan apresiasi,  dan terima kasih kepada masyarakat Betawi. Dan alhamdulillah melewati  Lebaran Betawi ini,  persatuan diantara kita silaturahmi diantara kita,  kita jaga.  Persatuan adalah hasil kerja kita, bersatu adalah hasil ichtiar,  karena itu, ichtiar ini,  harus terus menerus kita jalankan,  dan saya ingin garis bawahi,  yang sudah disampaikan,  bahwa pesan tema tahun ini sangat relevan,  Insya Allah, Jakarta  menjadi simbol bagi persatuan  seluruh Indonesia,” ungkapnya. (InfoPublik.id)