ASEAN Schools Games akan Hasilkan Generasi Terbaik



SEBARIN.INFO, Semarang, - Ribuan pelajar dan warga Semarang meramaikan pembukaan ASEAN Schools Games (ASG) 2019 di Holy Stadium Terang Bangsa, Semarang, Kamis (18/7). Pembukaan ditandai pemukulan kok yang dilakukan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi  bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Presiden ASEAN School Sport Council Romaizah.

Menpora mengingatkan siswa sekolah merupakan bagian dari generasi muda untuk membangun generasi yang lebih baik. "Saya berharap para atlet bisa berkompetisi dengan hebat. Event ini kelak akan menghasilkan generasi terbaik di masa depan," katanya.

Dalam seremoni pembukaan, selain defile 10 kontingen pelajar negara-negara ASEAN, juga dimeriahkan oleh sederet artis, seperti Virzha, Band Coklat dan Vidi Aldiano. Tak ketinggalan Tarian Pesona Jawa Tengah yang melibatkan ratusan pelajar Semarang.

Dalam sambutannya, Menpora menyampaikan terima kasih atas kepercayaan kepada Indonesia dalam menggelar ASG ke-11 ini. Kejuaraan ini, lanjut dia, sekaligus sebagai ajang menjaga solidaritas bangsa-bangsa di tingkat ASEAN maupun dunia.

Menpora juga berharap para atlet pelajar jadi idola baru karena prestasinya di dunia olahraga. "Saya minta profil mereka diangkat, dibuka, sehingga generasi milenial ini jadi idola baru yang berasal dari atlet yang sudah berjuang di level ASEAN," tambah Menpora.

Di usia muda, kata dia, para atlet ini sudah akan berjuang untuk mengharumkan nama negaranya masing-masing. Di ASG 2019, kata Menpora, mereka bertemu dan akan kembali berjumpa pada Olimpiade 2032.

Sekitar 1.600 atlet remaja dari 10 negara dipastikan hadir dalam ASG 2019. Kejuaraan tahunan ini akan mempertandingkan sembilan cabang olahraga. Kontingen Indonesia menurunkan kekuatan 250 orang. (InfoPublik.id)