Ciptakan Lingkungan Ramah Anak



SEBARIN.INFO, Jakarta,- Komnas Perlindungan Anak (Komnas PA) mengajak seluruh pihak untuk menciptakan lingkungan ramah anak.

"Ayo kita bangun komitmen bersama (commond commitment) antara masyarakat dan pemerintah menjadikan lingkungan masyarakat bebas dari segala bentuk kekerasan dan menciptakan lingkungan sekolah yang ramah anak," kata Ketua Komnas PA Arist Merdeka Sirait dalam keteranganya, Rabu (24/7).

Pasalnya, terang dia, peristiwa kekerasan seksual yang dilakukan anak-anak di lingkungan sekolah masih kerap terjadi di beberapa wilayah.

Seperti halnya yang terjadi di wilayah Lampung Selatan. Kasus kekerasan seksual terhadap seorang Siswi SMP yang diduga dilakukan kakak kelasnya beberapa waktu lalu di Kecamatan Sidomulya Lampug Selatan, harus ditangani secara serius dan menggunakan pendekatan hukum secara khusus.

Hal ini dikarenakan pelaku maupun korban masih tergolong pada usia anak. Maka penanganan hukumnya juga harus berbasis pada pendekatan berperspektif anak.

Menurut dia, pendekatan hukum yang perlu dilakukan pihak kepolisian harus berbasis kepentingan terbaik anak dan sesuai dengan ketentuan UU RI Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistim Peradilan Pidana Anak (SPPA).

Ia pun menghimbau dan mendorong pemegang otoritas pendidikan bisa menciptakan lingkungan sekolah menjadi zona anti dan bebas dari kekerasan, baik kekerasan fisik (seksual), psikis ataupun bullying. (InfoPublik.id)