Digitalisasi Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi



SEBARIN.INFO, Batam, - Digitalisasi pelayanan publik   dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), secara signifikan pada tahun depan.

"Pelayanan publik berbasis teknologi memudahkan masyarakat mengurus berbagai keperluan," kata Walikota Batam Muhammad Rudi kepada InfoPublik, Selasa (16/7).

Ia mendorong seluruh jajaran untuk mentransformasikan layanan publik dari manual menjadi berbasis teknologi digital. Dan juga mengajak pemangku kebijakan dari instansi pusat maupun Badan Pengusahaan (BP) Batam untuk menerapkan pelayanan berbasis digital.

Rudi memprediksi, bila seluruh pelayanan publik bisa diterapkan secara digital maka akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi mencapai angka 6 persen. Sebab, investor akan tertarik menanamkan investasi ke Batam dengan kemudahan mengurus berbagai izin usaha.

"Jangan sampai para investor yang kebanyakan dari negara tetangga Indonesia mengalami kesulitan dalam mengurus berbagai izin usaha," katanya.

Menurut dia, target diatas bukanlah hal yang mustahil karena saat ini sudah mencapai angka hampir 5 persen. Dengan semakin berkualitasnya pelayanan publik di Batam yang digital akan memudahkan para untuk menanamkan investasi kapan pun.

Apalagi pelaku usaha yang menanamkan modalnya di Batam berasal dari negara-negara yang sudah menggunakan pelayanan secara digital.

"Pelayanan publik prima yang ditawarkan pada segenap pelaku usaha dalam dan luar negeri akan membuat semakin kondusif perekonomian di Batam," pungkasnya. (InfoPublik.id)