Indonesia Juara Umum ASEAN Schools Games 2019



SEBARIN.INFO, Semarang, - Kontingen Indonesia menjadi juara umum dalam perhelatan ASEAN Schools Games 2019 di Semarang, Jawa Tengah, 18-25 Juli 2019.

Selain gelar juara umum, para atlet muda Indonesia ini juga mencatatkan perolehan medali terbesar selama 11 kali ikut dalam ASG. “Ini capaian yang luar biasa dari para atlet kita. Kita memberikan apresiasi yang luar biasa,” kata Plt Asisten Deputi Bidang Olahraga Prestasi Arsani, Selasa (23/7).

Hari terakhir pelaksanaan pertandingan ASG 2019, kontingen Indonesia berhasil mengoleksi 43 medali emas, 34 perak dan 25 perunggu. 
Thailand ada di posisi kedua dengan 33 medali emas, 31 perak dan 35 medali perunggu. Posisi ketiga Malaysia dengan 18 medali emas, 25 perak dan 34 perunggu.

"Kami mengapresiasi usaha keras para atlet pelajar Indonesia. Berkat usaha yang keras para atlet,” ujar Chef de Mission Kontingen Indonesia Yayan Rubaini. 

Prestasi atlet pelajar Indonesia ini bukan datang tiba-tiba, melainkan proses panjang dari pembinaan yang dilakukan pemerintah dan segenap masyarakat. 
Selanjutnya, ujar Yayan, para atlet pelajar ini diserahkan ke PB atau PP cabang olahraga masing-masing, agar terus mendapat pelatihan untuk menjadi atlet dunia. “Wijud tanggungjawab kami, mereka akan kita ikutsertakan dalam single event dari sejumlah cabang olahraga di tingkatan Asia," kata Yayan. (InfoPublik.id)