Jakarta Simbol Persatuan Indonesia



SEBARIN.INFO, Jakarta, – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri Lebaran Betawi 2019 di Lapangan Monas, Jakarta Pusat, Minggu (21/7). Ia menyebut Jakarta menjadi simbol persatuan Indonesia.

Lebaran Betawi 2019 ini mengusung tema Dengan Budaye Kita Perkokoh Persatuan dan Kesatuan Indonesia. “Bahwa tema ini, Insya Allah Jakarta jadi simbol persatuan Indonesia, dan kita ingin menjadi tuan rumah di kota kita sendiri,” kata Anies dalam sambutannya.

“Jangan sampai menjadi penonton di kota sendiri, tidak boleh merasa orang asing di kota sendiri. Ini tanah air kita, dan Ini air kita. Karena itu, semua yang menjadi tradisi  ditumbuhkan dan dikembangkan,  bukan hanya dilestarikan. Kebudayaan itu, tidak hanya dilestarikan, nanti akan menjadi kuno, maka harus dikembangkan, agar tumbuh dan berkembang,” paparnya.

Disebutkan, lapangan Monas dalam era kemerdekaan Indonesia, sebagai tempat pertemuan Ikada, dan adanya peran masyarakat Betawi dalam kemerdekaan Indonesia.

“Kaum elite bilang, kemerdekaan bukan kemauan rakyat, lalu apa yang terjadi, masyarakat Betawi berbondong-bondong ke lapangan ini, ingin menunjukkan kepada dunia, bahwa kemerdekaan adalah bukan kemauan sekelompok orang kecil. Kemerdekaan adalah kemauan seluruh rakyat, dan siapa itu, masyarakat Betawi yang melakukan di tempat ini, masyarakat Betawi berkumpul yang kita kenal dengan pertemuan Ikada,” paparnya.

Menurut Anies, kehadiran masyarakat Betawi di lapangan Monas saat itu, mengirimkan pesan ke seluruh dunia, bahwa Indonesia merdeka, bukan cita-cita kelompok kecil, tapi Indonesia merdeka adalah cita-cita seluruh rakyat Indonesia.

“Kehadiran masyarakat Betawi saat itu,  mengingatkan kepada kita semua, bahwa Indonesia merdeka bukan cita-cita kelompok kecil, tapi kemerdekaan seluruh rakyat. Hari ini kembali menggunakan lapangan ini, untuk kegiatan merayakan tardisi Lebaran Betawi,” jelas Anies. (InfoPublik.id)