Advertisement here

Jelaskan pengertian dan perbedaan zaman paleolitikum, neolitikum, serta mesolitikum!

Mesolitikum
Mesolitikum berasal dari bahasa Yunani terdiri atas kata mesos yang berarti tengah dan lithos yang berarti batu atau zaman batu Pertengahan. Kebudayaan Mesolitikum merupakan kelanjutan dari kebudayaan Paleolitikum. Ciri kebudayaan Mesolitikum tidak jauh berbeda dengan kebudayaan Paleolitikum. Pada zaman Mesolitikum, manusia sudah ada yang menetap, sehingga kebudayaan Mesolitikum sangat menonjol. Ciri Mesolitikum adalah kebudayaan kjokkenmoddinger dan abris sous roche.

Neolitikum
Neolitikum merupakan zaman batu baru yang diperkirakan berlangsung kira-kira tahun 2000 SM. Pada zaman Neolitikum, hasil-hasil kebudayaan yang ditemukan sudah ada indikasi kepandaian mengasah dari manusia pendukungnya. Pengerjaannya juga sudah mulai memperhatikan segi-segi keindahan.
Terjadi perubahan yang mendasar pada zaman Neolitikum. Pada masa ini, manusia yang sebelumnya sekadar pengumpul makanan, mulai menjadi penghasil makanan dengan melakukan bertani dan beternak. Mereka tidak lagi hidup berpindah-pindah (nomaden), tetapi relatif telah menetap dan tinggal di perkampungan kecil. Jadi, zaman Neolitikum ditandai dengan pola kehidupan dari food gathering ke food producing. Pola hidup mengembara sudah berubah menjadi pola hidup menetap. Kebudayaan zaman Neolitikum memiliki dua peralatan yang popular, yaitu kapak persegi dan kapak lonjong.

Megalitikum
Megalitikum berasal dari kata bahasa Yunani, yaitu megalitik. Kata mega berarti besar dan lithos berarti batu. Jadi, Megalitikum merupak.an zaman batu besar. Dikatakan zaman batu besar karena pada zaman ini manusia sudah dapat membuat dan meningkatkan kebudayaan yang terbuat dan bath-batu besar. Kebudayaan ini kemungkinan berkembang setelah berkembangnya budaya logam. Hasil-hasil kebudayaan Megalitikum lebih difungsikan sebagai penunjang kehidupan religius.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Advertisement here
Advertisement here
Advertisement here
Advertisement here