Kemenhub Ajak BUMN Jajaki Kerja Sama Dengan Korea



SEBARIN.INFO, Jakarta, - Staf ahli Menteri Bidang Logistik, Multimoda dan Keselamatan Perhubungan, Cris Kuntadi
berkesempatan menjadi Ketua Delegasi Indonesia (Head of Delegation Indonesia) 
pertemuan 10th ASEAN-ROK Transportation Cooperation Forum 2019.

10th ASEAN-ROK Transportation Cooperation Forum 2019 merupakan salah satu forum yang mewadahi kerja sama antara Indonesia dan Korea. Pertemuan ini akan diselenggarakan pada 23-25 Juli 2019 di Seoul, Korea Selatan.

Pertemuan 10th ASEAN-ROK Transport Cooperation Forum merupakan pertemuan kesepuluh yang telah dilaksanakan setiap tahun sejak 2010 yang bertujuan sebagai landasan dalam membangun kerjasama yang lebih kuat, dan bertukar pandangan tentang kebijakan dan visi jangka panjang pada sektor transportasi. Adapun tema tahun ini adalah Strategy to Enhance Transport Connectivity for Mutual Growth of ASEAN and the ROK.

"Kita tidak perlu membawa banyak hal dalam pertemuan tersebut, tapi justru kita harus membawa pulang banyak hasil dari pertemuan tersebut. Artinya kita tawarkan beberapa hal yang memang benar-benar kita membutuhkan. Saya juga mendorong BUMN untuk bisa bergabung dan mengikuti kerjasama ini," kata Cris saat memimpin rapat persiapannya, akhir pekan (13/7).

Oleh karena itu, menurut dia, rapat ini penting untuk perumusan hal apa saja yang menarik untuk dibangun kerja sama antara Indonesia dan Korea.

"Sejauh ini sudah banyak rencana kerja sama antara Indonesia dan Korea di bidang transportasi, baik di darat, laut, udara maupun perekeretaapian. Namun sementara ini, tim delegasi melihat peluang kerja sama yang besar ada pada infrastruktur transportasi darat dan keretaapi," ujarnya.

Delegasi terdiri dari kombinasi antar subsektor Kemenhub dari Pusat Kemitraan dan Kelembagaan Internasional, Ditjen Perhubungan Darat, Laut, Udara, Perkeretaapian, serta Badan Penelitian dan Pengembagan Perhubungan dan Kementerian Luar Negeri.

Cris berharap dalam pertemuan 10th ASEAN ROK Transportation Cooperation Forum ini, Indonesia bisa menjadi subjek yang aktif dalam menggali kerjasama, baik dengan negara ASEAN lain maupun secara khusus dengan Korea. (InfoPublik.id)