Masyarakat Antusias Saksikan Pesta Musik Rakyat



SEBARIN.INFO, Rembang, - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bekerja sama dengan Komisi I DPR, menggelar Pesta Musik Rakyat dalam rangka sosialisasi bahaya berita hoaks di media sosial, yang berlangsung di Lapangan Sepakbola Desa Babagan, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, Sabtu (20/7/2019) malam.

Pantauan InfoPublik, masyarakat terlihat sangat antusias menyaksikan pesta musik ini. Tak hanya itu, panitia pun memberikan hadiah doorprize kepada mereka yang mampu menjawab kuis atau pertanyaan dari panitia penyelenggara.

Kepala Desa Babagan Sukari mengucapkan terima kasih kepada Kominfo dan Komisi I DPR, yang telah menjadikan Desa Babagan sebagai lokasi acara pesta musik rakyat ini. "Ini merupakan suatu hiburan yang dinanti warga Desa Babagan," kata dia.

Menurut dia, yang hadir pada acara ini bukan hanya dari wilayahnya saja. Melainkan ada tiga desa tetangga yang juga antusias datang ke acara ini. "Kami sangat berterima kasih sekali kepada Kementerian Kominfo yang sudah memberikan hiburan kepada masyarakat Desa Babagan," ujarnya.

Plt. Direktur Pengelolaan Media Ditjen IKP Kemkominfo Nurlaili mengatakan, kegiatan seperti ini sudah beberapa kali dilaksanakan di Kabupaten Rembang. "Untuk hari ini, sore tadi pun kami sudah melaksanakan seminar yang dihadiri oleh sekitar 200 orang generasi muda atau kaum millennial," katanya.

Dalam seminar itu hadir Tenaga Ahli Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik Bidang Desiminasi Informasi Publik Kemenkominfo Ismail Cawidu, Anggota Komisi I DPR RI, Arvin Hakim Thoha dan Pengasuh Pesantren Al-Amin Sarang Rembang, Gus Abdullah Muava.

Dia menjelaskan, tujuan acara ini adalah mengampanyekan kewaspadaan kepada masyarakat agar tidak terhasut dan ikut menyebarkan berita bohong atau berita hoaks.

Menurutnya, masyarakat harus mendapatkan edukasi dan literasi secara masif atas bahaya berita hoaks. Sehingga masyarakat bisa bersikap kritis dan berhati- hati dalam menyerap arus informasi, serta mengarahkan masyarakat untuk menggunakan media sosial secara cerdas dan bijaksana.

Untuk itu, ia berharap dengan dilaksanakannya acara ini, seluruh masyarakat bisa mengambil edukasi terkait bahayanya berita hoaks. (InfoPublik.id)