Panglima TNI Saksikan Fire Power Demo



SEBARIN.INFO, Lumajang, - Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto hadir menyaksikan Fire Power Demo yang dilaksanakan di Air Weapon Range (AWR) Pandanwangi Kecamatan Tempeh, Lumajang, Jawa Timur, Rabu (24/07/2019). Nampak hadir Bupati Lumajang Thoriqul Haq (Cak Thoriq).

Fire Power Demo adalah rangkaian kegiatan yang dilaksanakan dalam tajuk Angkasa Yudha 2019. Adapun dalam Angkasa Yudha tersebut diperagakan bagaimana Latihan Posko, Manuver Lapangan dan Fire Power Demo. Dalam Fire Demo ini setidaknya lebih dari 2.000 prajurit TNI AU dilibatkan, 42 pesawat tempur, 12 pesawat angkut, 5 helikopter dan 2 pesawat intai

"Kegiatan ini bagian dari akumulasi latihan secara bertingkat, bertahap dan berlanjut," jelas Panglima TNI.

Panglima TNI menjelaskan bahwa, skenario dari kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka Uji Doktrin Swabuana Paksa. Dalam latihan tempur tersebut, Panglima TNI mengaku bangga dengan kehebatan Korps Pasukan Khas (Paskhas) TNI AU.

"Seluruh target 98 persen hancur, artinya apa, prajurit TNI angkatan udara telah memiliki profesionalisme yang tinggi dan mampu mengoperasikan seluruh alutsista yang dimiliki. Kami terus berpesan, kepada pembina, Kepala Staf Angkatan Udara untuk tetap menjaga profesionalisme prajurit tersebut , nantinya akan kita tampilkan pada latihan gabungan pada 2019 yang jatuh pada Bulan September yang insya Allah kita juga akan mengundang bapak Presiden Republik Indonesia," jelas dia.

Mengenai Doktrin Swabuana Paksa, Panglima TNI menjelaskan bahwa doktrin tersebut disesuaikan khususnya dalam interoperability dan komando kendali yang saat ini sedang dikembangkan sesuai dengan 11 strategi kebijakan dari Panglima TNI.

"Di antaranya adalah membangun network centrik warfare yang tadi ditunjukkan oleh pesawat Boeing maupun pesawat tanpa awak, bagaimana pesawat tersebut mampu mendapatkan target, kemudian diinformasikan kepada satuan yang ada di bawah kemudian dikalkulasi dan dilaksanakan suatu penghancuran," ujarnya.

Dalam Fire Power Demo ini, pihak TNI mempersilakan masyarakat datang menyaksikan kehebatan manuver Pasukan TNI AU. Kesempatan tersebut tidak disia-siakan masyarakat Lumajang, terpantau ribuan orang memadati AWR Pandanwangi. (MC Kab. Lumajang/Yongky/InfoPublik.id)