Pelatihan Dasar Bagi CPNS



SEBARIN.INFO, Salakan, – Kegiatan pelatihan dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep) tahun 2019 dibuka secara resmi oleh Plt. Bupati Bangkep H. Rais D. Adam yang bertempat di Gedung BPU Kecamatan Tinangkung Kab. Bangkep, (Senin, 22/7/2019).

Pelatihan dasar CPNS ini diselenggarakan oleh BKPSDM Bangkep dan bekerjasama dengan BPSDMD Provinsi Sulteng yang dilaksanakan selama 51 hari dimulai dari tanggal 28 juli sampai dengan selesai bertema“Menciptakan ASN Smart Menuju Banggai Kepulauan Berkembang”.

Pada kesempatan ini, Plt. Bupati Rais mengucapkan selamat kepada adik-adik CPNS Kab. Bangkep angkatan tahun 2018 yang telah berhasil mengikuti tes CPNS tahun 2018 dan selamat mengikuti pelatihan dasar CPNS Lingkup Pemerintah Kabupaten Bangkep.

Menurut Novalina selaku Kepala BPSDMD Provinsi Sulteng, Pelaksanaan pelatihan dasar CPNS Merupakan salah satu upaya untuk membangun kompetensi. Setiap peserta nantinya mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat secara profesional sehingga dapat ditujukan dalam sikap perilaku dalam Negara yang mampu mengaktualisasikan nilai-nilai dasar PNS dalam pelaksanaan tugas dan jabatannya.

"Serta mampu mengaktualisasikan kedudukan dan peran PNS dalam rangka NKRI dan menunjukan penguasaan kompetensi teknis yang dibutuhkan sesuai dengan tugasnya yaitu kompetensi administratif maupun kompetensi teknis."ujarnya.

Peserta pelatihan dasar ini berjumlah 210 orang dengan tenaga pengajar CPNS berasal dari DPSDMD Prov. Sulteng, tenaga teknisi berasal dari BPSDMD dan BKPSDM Kab. Bangkep dan tenaga pendamping berasal dari TNI, dimana pelaksanaan pelatihan dasar ini terbagi atas tiga gelombang, dan satu gelombang terdiri dari 2 angkatan atau dua kelas.

Pelatihan ini bertujuan untuk membentuk ASN yang profesional serta menguasai tanggung jawab serta tugas pokok dan fungsinya, dapat bekerja secara efisien dan efektif sehingga saat masuk ke dunia kerja, telah memahami tupoksi dan dapat melayani masyarakat dengan baik.

Untuk itu, Rais berharap kepada para peserta agar mengikuti pelatihan dasar tersebut secara serius, sehingga nantinya mampu menunjukkan kinerja yang profesional dan handal serta dapat memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat.

“Dan selaku Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai Kepulauan, saya juga menghimbau kepada peserta untuk tidak berhenti menggali ilmu pengetahuan dan berinovasi secara profesional sehingga dapat mendukung jalannya pembangunan Daerah”, kata Rais.

Sebagai ASN harus menjadi teladan bagi masyarakat dan harus bertindak sejalan dengan norma dan menjunjung tinggi etika profesi untuk mewujudkan hal tersebut, mulai hari ini Bapak/Ibu akan dilatih menjadi manusia handal dalam melayani masyarakat, tegas Rais.

Dalam acara ini dihadiri oleh Plt. Kepala BKPSDM Kab. Bangkep, Unsur Forkopimda Bangkep, Perwira Penghubung 1308/LB, salah satu Anggota Polri Bangkep, Para Asisten dan Staf Ahli Lingkup Pemda Bangkep, Para pemateri serta peserta CPNS Lingkup Pemda Bangkep angkatan 2018. (McBangkep/Elsi/YR/infopublik.id)