Pembukaan ASEAN School Games XI



SEBARIN.INFO, Semarang, - Pesta olahraga pelajar se kawasan ASEAN di buka oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Imam Nahrawi, di Holly Stadium, Semarang, Kamis (18/7).

Penyalaan obor tanda dibukanya ASG XI, diawali dengan Serve Badminton oleh Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, Presiden ASEAN Sport School Council, Datin Seri Paduka Hajah Romaizah, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Sebelum acara dimulai, obor ASG diarak oleh komunitas pecinta sepeda kuno dan komunitas sepatu roda dari Balaikota Semarang menuju Holly Stadium tempat digelar upacara ASG XI.

Dilayar ditampilkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dengan komunitas sepedanya mengenalkan beberapa tempat wisata di Jawa Tengah, seperti kawasan Kota lama, Museum Lawang Sewu, Klenteng Sam Poo kong, Karimunjawa, Borobudur, Dieng dan Museum Sangiran.

Sejurus kemudian, Ganjar dengan masing memakai pakaian olahraga sepeda bersama Imam Nahrawi memasuki Holly Stadium bersama-sama, kemudian rangkaian upacara pembukaan ASG XI dimulai.

Para tamu undangan yang hadir disuguhi tari Pesona Jawa Tengah yang menggambarkan wisata, budaya, alam dan berbagai keunikan yang terangkum dalam kearifan lokal serta pembangunan di Jawa Tengah yang berdikari. Selain itu gambaran pemerintahan yang gotong royong, bersih, jujur, transparan dalam melayani masyarakatnya.

Artis ibukota, Virzha dan Kikan juga turut serta memeriahkan perhelatan olahraga bagi pelajar negara-negara di kawasan Asia Tenggara ini. Tak kalah memukaunya penampilan artis lokal Karisa dan Untung.

Imam Nahrawi atas nama Pemerintah Indonesia mengaku terhormat dan menyampaikan terima kasih kepada ASEAN Sport School Council dan para anggotanya, yang sudah memberikan kepercayaan kepada Indonesia, sebagai tuan rumah ASEAN SCHOOL GAMES XI.

“Ditahun mendatang Indonesia juga siap menjadi tuan rumah ASEAN SCHOOL GAMES,” kata Imam Nahrowi dalam keterangan tertulis Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Jawa Tengahujarnya.

Kita semua menyadari, lanjutnya siswa sekolah merupakan bagian dari generasi-generasi muda kita untuk membangun masa depan kita yang lebih baik.

“Seperti yang kita ketahui bahwa olahraga adalah peluang yang tidak hanya berkontribusi untuk meningkatkan kinerja dan juga semangat mencapai persatuan, solidaritas diantara bangsa-bangsa ASEAN dan dunia,” tandasnya.

Maskot ASG XI adalah Warak Ngendog, sebagai tanda kebersamaan dari masyarakat Semarang yang hidup beragam etnis, Jawa, Arab, Cina. Maskot ini seirama dengan tagline ASG XI, Spirit, Unity dan Respect.

Rangkaian ASG digelar mulai tanggal 17 s.d 25 Juli 2019. Sembilan cabang olahraga yang dipertandingkan seluruhnya akan digelar di Kota Semarang. Sedangkan upacara penutupan akan digelar di taman Lumbini kawasan Candi Borobudur Kab. Magelang, Rabu (24/7).

Untuk Cabang Olahraga Athletic, Tenis Lapangan, Tenis Meja digelar di Stadion Tri Lomba Juang Semarang. Badminton di Sport Hall Universitas Semarang, Bola Basket di GOR Sahabat, Sepak Takraw di Sport Hall Universitas Soegijapranata, Renang di Kolam Renang Jatidiri, Bola Voli di Sport Hall Universitas Islam Walisongo, Pencak Silat di Rama Sinta Ball Room Patra Jasa Hotel.

Di lapangan Pancasila Simpang Lima Semarang juga digelar ASEAN FESTIVAL yang digelar mulai tanggal 18 s.d 21 Juli 2019. Berbagai pentas seni, kuliner dan pameran kerajinan dan produk makanan juga dipamerkan. (InfoPublik.id)