Penghargaan Pelayanan Publik


SEBARIN.INFO, Jakarta,-Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo, menerima dua penghargaan di acara Awarding Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2019, yang digelar Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB).

Mendagri menyatakan gembira  terhadap dua inovasi yang diinisiasi Ditjen Dukcapil.

"Ini adalah bentuk apresiasi bagi kami dan jajaran, serta motivasi untuk tidak pernah lelah berinovasi melayani publik sebaik mungkin," kata Mendagri, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (19/7).

Dua penghargaan sarat gengsi itu didapatkan usai proposal inovasi pelayanan publik bidang administrasi kependudukan 'SI JUWITA' dan 'SUPERTAJAM' dinilai sangat baik oleh tim panelis independen.

Mengenai SI JUWITA, adalah singkatan untuk inovasi Pemanfaatan Data Kependudukan Terintegrasi Secara Online Untuk Mewujudkan Single Identity Number.

"Semangatnya SI JUWITA bagaimana kita membangun ekosistem agar kita tidak bekerja sendiri. Agar data kependudukan selalu ter-update, kami dibantu lembaga pemanfaat data kependudukan seperti Polri, BPJS, dan lainnya," kata Direktur Jenderal (Dirjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapul), Kemendagri, Zudan Arif Fakrulloh.

Sedangkan 'SUPERTAJAM' adalah singkatan dari Penerapan Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak Sebagai Solusi Dalam Penerbitan Akta Kelahiran.

"SUPERTAJAM ini awalnya dibuat untuk mengakselerasi cakupan kepemilikan akta kelahiran. Terbukti saat ini cakupannya melebihi target nasional yang sebesar 85 persen," paparnya.

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Menpan-RB, Syafruddin, yang turut disaksikan oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, selaku tuan rumah penyelenggara acara. (InfoPublik.id)